PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS X MAN 1 KABUPATEN TEBO

ISA, MUHAMMAD (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS X MAN 1 KABUPATEN TEBO. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Sains.. ISSN 0852-8349

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (489kB) | Preview

Abstract

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS X MAN 1 KABUPATEN TEBO ¹⁾, Prof. Dr. Rahmat Murbojono, M.Pd. ²⁾, Drs. Irwan, M.Pd ³⁾ Email : Isyamuhammad50@gmail.com ²⁾ Pembimbing Utama, Dosen Pendidikan Ekonomi Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. ³⁾ Pembimbing Pendamping, Dosen Pendidikan Ekonomi Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. ABSTRAK Hasil belajar siswa merupakan output dari proses belajar mengajar. Salah satu masalah dalam pembelajaran di sekolah adalah rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari data awal nilai ulangan harian siswa yang masih berada di bawah KKM. Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar salah satunya adalah model pembelajaran. Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)) merupakan model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) yang menuntut siswa untuk aktif dan memotivasi siswa supaya dapat saling mendukung dan membantu satu sama lain dalam menguasi materi pelajaran yang dipelajari. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi antara yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X MAN 1 Kabupaten Tebo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen I dan kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen II, dengan teknik pengolahan data menggunakan uji-t dua arah. Setelah penelitian dilakukan ternyata hasil belajar pada kelas yang menggunakan model pembelajaran PBL 81,14 lebih tinggi dari pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Konvensional 76,98. Berdasarkan uji statistik diperoleh thitung 2,4046 dan ttabel 1,9893. Karena nilai thitung > ttabel (2,4046 > 1,9893) berarti maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dari analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar ekonomi yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X MAN 1 Kabupaten Tebo. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Problem Based Learning

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MUHAMMAD ISA
Date Deposited: 28 Jul 2017 03:53
Last Modified: 28 Jul 2017 03:53
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1231

Actions (login required)

View Item View Item