PENGARUH KEMAMPUAN MANAJERIAL PENGURUS DAN KINERJA KARYAWAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN ANGGOTA PADA KOPERASI BMT BINA INSAN SEJAHTERA (BIS) KOTA JAMBI

Diana, Fitri (2017) PENGARUH KEMAMPUAN MANAJERIAL PENGURUS DAN KINERJA KARYAWAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN ANGGOTA PADA KOPERASI BMT BINA INSAN SEJAHTERA (BIS) KOTA JAMBI. Jurnal PENGARUH KEMAMPUAN MANAJERIAL PENGURUS DAN KINERJA KARYAWAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN ANGGOTA PADA KOPERASI BMT BINA INSAN SEJAHTERA (BIS) KOTA JAMBI.

[img]
Preview
Text
Artikel Fitri.pdf

Download (414kB) | Preview

Abstract

PENGARUH KEMAMPUAN MANAJERIAL PENGURUS DAN KINERJA KARYAWAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN ANGGOTA PADA KOPERASI BMT BINA INSAN SEJAHTERA (BIS) KOTA JAMBI Fitri Diana 1), Prof. Dr. Drs. H. Khairinal, Dpt. BA. M.Si 2), Drs. M. Salam, M.Si 3) 1)Alumni Prodi Pendidikan Ekonomi Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi Email: fitridiana370@gmail.com 2)Pembimbing Utama, Dosen Pendidikan Ekonomi Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi 3)Pembimbing Pendamping, Dosen Pendidikan Ekonomi Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi ABSTRAK Koperasi merupakan badan usaha yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial para anggota dengan memberikan pelayanan yang baik. Memberikan pelayanan kepada anggota merupakan suatu bentuk hal yang utama, bahkan dapat dikatakan sebagai kunci keberhasilan. Sebab dengan pelayanan yang baik dan unggul maka anggota atau pihak-pihak yang membutuhkan merasa mendapat kepuasan tersendiri dari pelayanan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh kemampuan manajerial pengurus terhadap kualitas pelayanan anggota pada koperasi bmt bina insan sejahtera (bis) kota jambi. (2) Pengaruh kinerja karyawan terhadap kualitas pelayanan anggota pada koperasi bmt bina insan sejahtera (bis) kota jambi. (3) Pengaruh kemampuan manajerial pengurus dan kinerja karyawan terhadap kualitas pelayanan anggota pada koperasi bmt bina insan sejahtera (bis) kota jambi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua anggota koperasi bmt bina insan sejahtera (bis) kota jambi yang berjumlah 52 orang anggota. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan SPSS versi 21.0. diperoleh thitung variabel X1 = 6,174 dan X2 = 3,997 sedangkan ttabel = 2,009 jadi thitung > ttabel. Dalam penelitian ini menggunakan tingkat signifikansi 0,05, maka signifikansi X1= 0,000 dan X2 = 0,000 menunjukkan lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kemampuan manajerial pengurus (X1), kinerja karyawan (X2) terhadap kualitas pelayanan anggota (Y) dapat diterima. Untuk menjawab hipotesis ketiga, dilakukan pengujian secara bersama-sama yakni pengaruh kemampuan manajerial pengurus (X1) dan kinerja karyawan (X2) terhadap kualitas pelayanan anggota (Y) terdapat pengaruh yang signifikan dengan nilai Fhitung 27,282 > Ftabel 3,18 dan Rsquare sebesar 0,527 atau 52,7%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh Kemampuan Manajerial Pengurus dan Kinerja Karyawan terhadap Kualitas Pelayanan Anggota Pada Koperasi BMT Bina Insan Sejahtera (BIS) Kota Jambi. Dari hasil penelitian ini, disarankan kepada koperasi agar dapat meningkatkan kemampuan manajerial pengurus dan kinerja karyawan karena kedua variabel ini berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan anggota. Kata Kunci: Kemampuan Manajerial Pengurus, Kinerja Karyawan, Kualitas Pelayanan Anggota

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FITRI DIANA
Date Deposited: 17 Jul 2017 04:42
Last Modified: 17 Jul 2017 04:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1236

Actions (login required)

View Item View Item