PELAKSANAAN NILAI PEDULI LINGKUNGAN DI SDNEGERI55/I SRIDADIKECAMATAN MUARA BULIAN

NOVIA, YOZI (2017) PELAKSANAAN NILAI PEDULI LINGKUNGAN DI SDNEGERI55/I SRIDADIKECAMATAN MUARA BULIAN. Studi Deskriptif Implementasi Nilai Peduli Lingkungan Menuju Sekolah Adiwiyata di SDN Tukangan.

[img]
Preview
Text (ARTIKEL ILMIAH)
A1D112048-ARTIKEL.pdf

Download (446kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Novia, Yozi.2017 Pelaksanaan Nilai Peduli Lingkungan di SDNegeri55/ISridadiKecamatan Muara Bulian, Pembimbing I.Dr.Drs. Ali Idrus,ME, M.Pd; Pembimbing II. Drs. Maryono, M.Pd. Kata kunci :pelaksanaan, nilai peduli lingkungan Sekolah Dasar sebagai salah satu jalur pendidikan formal memegang peran penting dalam konservasi dan transmisi kultural, termasuk transformasi dan upaya internalisasi kesadaran lingkungan. Siswa yang pada dasarnya sedang mengalami perkembangan pola pikir, hendaknya diajak serta dibiasakan untuk mengenali dan menyadari pentingnya nilai peduli lingkungan sejak dini. Hal ini dilakukan dengan sebuah harapan siswa memiliki kemauan dan kesadaran bahkan kebutuhan untuk melakukan perilaku-perilaku peduli lingkungan hingga menjadi karakter demi kelestarian lingkungan dan keberlangsungan kehidupan. Berdasarkan hasil studi pendahuluan diketahui bahwa SD Negeri 55/I Sridadi Kecamatan Muara Bulian merupakan salah satu sekolah dasar yang memberikan perhatian serius pada nilai peduli lingkungan dan berupaya merintis serta mengembangkan karakter sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan sebagai wujud implementasi nilai peduli lingkungan dari pendidikan karakter. Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mendeskripsikan pelaksanaan nilai peduli lingkungan melalui program pengembangan diri di SD Negeri 55/I Sridadi Kecamatan Muara Bulian. Jenis penelitianadalah pendekatan kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan dataobservasi, wawancara dan dokumentasi, sementara teknik analisa datameliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Dari hasil penelitian, pelaksanaan nilai peduli lingkungan melalui program pengembangan diri berupa kegiatan rutin adalah piket kelas dan piket bersama. Berupa kegiatan spontan adalah menanam pohon bersama dan memilah-memilah tabungan sampah untuk dijadikan barang kerajinan. Berupa keteladanan adalah kepala sekolah dan guru dengan tidak membuang sampah sembarangan dilingkungan sekolah. Kepala sekolah dan guru menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan dengan memungut sampah yang ditemukan. Berupa pengkondisian adalah sekolah menyediakan sarana berupa tempat sampah organik dan anorganik dilokasi lingkungan sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini pelaksanaan nilai peduli lingkungan melalui program pengembangan diri di SD Negeri 55/I Sridadi adalah kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Art
Depositing User: YOZI NOVIA
Date Deposited: 17 Jul 2017 07:16
Last Modified: 17 Jul 2017 07:16
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1239

Actions (login required)

View Item View Item