KEMAMPUAN MENULIS NARASI BERDASARKAN TEKS WAWANCARA SISWA KELAS VII G SMP NEGERI 16 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2016/2017

Hutabarat, Rosnauli (2017) KEMAMPUAN MENULIS NARASI BERDASARKAN TEKS WAWANCARA SISWA KELAS VII G SMP NEGERI 16 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2016/2017. KEMAMPUAN MENULIS NARASI BERDASARKAN TEKS WAWANCARA SISWA KELAS VII G SMP NEGERI 16 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2016/2017.

[img]
Preview
Text
artikel Rosnauli Hutabarat (RRA1B113040).pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hutabarat, Rosnauli.2017. Kemampuan Menulis Narasi Berdasarkan Teks Wawancara siswa Kelas VII G SMP Negeri 16 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing skripsi (1) Dr. Kamaruddin M. Pd., (2) Dra.Hj. Yusra, D., M. Pd. Kata-kata kunci: kemampuan menulis, narasi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kadar kemampuan dan mendeskripsikan ketepatan serta kesalahan dalam menerapkan unsur-unsur pembangun narasi yaitu (1) kesesuaian tema, (2)keruntutan alur, (3) kejelasan pelaku, (4) kejelasan latar, (5) kejelasan sudut pandang dalam menulis narasi berdasrkan teks wawancara oleh siswa kelas VII G SMP Negeri 16 Kota Jambi tahun ajaran 2016/2017. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Bertujuan untuk mendeskripsikan tentang suatu keadaan secara objektif dalam suatu deskripsi situasi. Subjek penelitiaannya adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 16 Kota Jambi tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 31 orang. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis narasi berdasarkan teks wawanacara yang ditinjau dari unsur-unsur pembangun narasi pada siswa kelas VII G SMP Negeri 16 Kota Jambi adalah cukup mampu dengan kemampuan menulis narasi 3.08.Kemampuan rata-rata yang diperoleh siswa dalam menulis narasi berdasarkan teks wawancara dalam kriteria unsur pembangun narasi berdasarkan unsur tema sebesar 2.5. Dari kriteria unsur pembangun narasi berdasarkan latar atau setting sebesar 3.3, dari kriteria unsur pembangun narasi berdasarkan tokoh dan penokohan sebesar 3.5, dari kriteria unsur pembangun narasi berdasarkan alur sebesar 3,2, sedangkan dari kriteria unsur pembangun narasi berdasarkan sudut pandang sebesar 2.9. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru bidang studi Bahasa Indonesia. Khususnya guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 16 Kota Jambi agar lebih meningkatkan kualitas pengajaran dalam menulis narasi serta memberikan motivasi untuk berpikir secara kritis terhadap apa yang akan ditulisnya dengan menggunakan berbagai media.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: ROSNAULI HUTABARAT
Date Deposited: 13 Jul 2017 02:17
Last Modified: 13 Jul 2017 02:17
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1243

Actions (login required)

View Item View Item