PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI SUMBER ENERGI KELAS III SEKOLAH DASAR

FITRI, SHOBRINA (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI SUMBER ENERGI KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Penelitian Universitas Jambi. ISSN 0852-8349

[img]
Preview
Text
A1D113076-ARTIKEL.pdf

Download (374kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fitri, S. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Sains Berbasis Kontekstual pada Materi Sumber Energi Kelas III Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (1) Dra. Hj. Destrinelli, M.Pd, (II) Issaura Sherly Pamela, S.Pd, M.Pd Kata kunci : Pengembangan Media Berbasis Kontekstual, Materi Sumber Energi Dalam proses pembelajaran, media sangat penting digunakan karena media pembelajaran dapat menyampaikan atau menyalurkan pesan dari suatu sumber secara terancana sehingga terjadi lingkungan belajar yang kondusif, dimana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektif. pada pembelajaran materi sumber energi terlihat keterbatasan media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam menerangkan pembelajaran di dalam kelas, sehingga membuat suasana pembelajaran menjadi membosankan. Maka dapat diatasi dengan mengembangkan media pembelajaran kincir air. Dengan adanya media pembelajaran kincir air, guru dapat menggunakannya dalam proses pembelajaran agar mempermudah siswa memahami materi tentang sumber energi terkhusus pada energi air, dan juga dengan media tersebut siswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui cara pengembangan media pembelajaran kincir air, mengetahui validitas dan praktikalitas media pembelajaran kincir air yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini menghasilkan media kincir air sebagai sumber belajar yang dapat memfasilitasi siswa agar dapat berperan aktif, serta memberikan kemudahan bagi siswa dalam memahami materi sumber energi. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah produk media kincir air. Produk tersebut divalidasi oleh ahli media dan ahli pembelajaran dan dilakukan revisi produk berdasarkan saran-saran ahli serta dinyatakan layak diuji coba. Hasil validasi ahli media diperoleh nilai rata-rata tahap terakhir yaitu 100% dan hasil validasi ahli pembelajaran diperoleh nilai rata- rata yaitu 95% maka produk ini termasuk dalam kategori “sangat baik”. Hasil wawancara siswa dan guru kelas III SD Negeri 198/I Pasar Baru pada uji coba kelompok kecil komentarnya “sangat baik” terhadap media kincir air. Berdasarkan proses pengembangan mulai dari prosedur, validitas dan praktikalitas, secara keseluruhan disimpulkan bahwa produk media pembelajaran kincir air “sangat baik” untuk digunakan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Shobrina Fitri
Date Deposited: 17 Jul 2017 06:54
Last Modified: 17 Jul 2017 06:54
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1258

Actions (login required)

View Item View Item