PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS SAINTIFIK PADA MATERI ENERGI LISTRIK KELAS VI SEKOLAH DASAR

ARDIANTO, SIGIT PRASTIKA (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS SAINTIFIK PADA MATERI ENERGI LISTRIK KELAS VI SEKOLAH DASAR. Jurnal Penelitian Universitas Jambi. ISSN 0852-8349

[img]
Preview
Text
A1D113041-ARTIKEL.pdf

Download (457kB) | Preview

Abstract

ABSRAK Prastika. A, Sigit. 2017, “Pengembangan Media Pembelajaran Sains Berbasis Saintifik pada Materi Energi Listrik kelas VI Sekolah Dasar”. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (1) Dra. Hj. Destrinelli, M.Pd, (II) Dwi Kurnia Hayati, S.Pd.,M.Pd. Kata kunci: media pembelajaran sains, saintifik, energi listrik. Media pembelajaran merupakan alat bantu atau sumber belajar yang dapat mempermudah proses pembelajaran. Pemilihan media pembelajaran haruslah mempertimbangkan karakteristik dan kebutuhan peserta didik, terutama pada anak diusia sekolah dasar yang masih berada pada tahap operasional konkret. Selain itu, pengembangan media pembelajaran juga diperlukan pengkajian terhadap keekonomisan media, karena media yang baik tidak perlu mahal akan tetapi dapat memenuhi tujuan yang dicapai dalam proses pembelajaran. Pengembangan rangkaian listrik diharapkan dapat menjadi sebuah inovasi pengembangan media yang cocok diterapkan dalam pembelajaran, karena dapat menyajikan berbagai jenis rangkaian listrik sebagai sumber belajar yang disesuaikan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai, serta memiliki nilai estetika yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik diusia sekolah dasar, dengan begitu akan dapat mempermudah dalam memahami konsep materi energi listrik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu media rangkaian listrik, mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran miniatur rangkaian listrik. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analisys, desain, development, implementasion, evaluasion). Penelitian ini menghasilkan media miniatur rangkaian listrik sebagai alat bantu dan sumber belajar yang dapat memfasilitasi peserta didik agar dapat berperan aktif, dapat melaksanakan pembelajaran secara mandiri serta memberikan kemudahan dalam memahami materi energi listrik. Media yang dikembangkan kemudian divalidasi oleh validator, meliputi validasi ahli media dan ahli pembelajaran. Hasil validasi tahap pertama oleh ahli media diperoleh nilai 76 % dan dilakukan revisi media, pada validasi tahap diperoleh nilai 98 % dan dilakukan revisi media, kemudian dilakukan revisi tahap terakhir oleh ahli media diperoleh nilai rata-rata yaitu 100 % maka produk ini termasuk dalam kategori “sangat baik” dan layak diujicobakan. Hasil validasi ahli pembelajaran diperoleh nilai rata-rata yaitu 95% maka produk ini termasuk dalam kategori “sangat baik” dan layak diujicobakan. Dari hasil validasi tim ahli dapat diketahui tingkat kalayakan produk yang dibuat. Setelah diperoleh hasil validasi selanjutnya dilakukan ujicoba kelompok kecil yang dilakukan untuk mengetahui kepraktisan dari media miniatur rangkaian listrik pada materi energi listrik kelas VI sekolah dasar. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa media miniatur rangkaian listrik yang dikembangkan dapat digunakan sebagai media penunjang pembelajaran pada materi energi listrik dan memiliki kepraktisan dalam pembelajaran. Disarankan untuk penelitian berikutnya agar dapat mengembangkan media pembelajaran yang bervariasi dan menarik.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SIGIT PRASTIKA A
Date Deposited: 17 Jul 2017 06:55
Last Modified: 17 Jul 2017 06:55
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1259

Actions (login required)

View Item View Item