PENGARUH PERILAKU BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI

Kurnia, Ririn PENGARUH PERILAKU BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI. PENGARUH PERILAKU BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL-A1A112029.pdf

Download (300kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kurnia, Ririn. 2017. Pengaruh Perilaku Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Pembimbing Skripsi (I) Drs. H. Amin Saib, MM, Pembimbing Skripsi (II) Dra. Refnida, M.E. Kata Kunci: Perilaku belajar, Minat belajar, Hasil belajar. Hasil belajar merupakan tolak ukur yang utama untuk mengetahui keberhasilan belajar seseorang. Seorang yang berhasil belajarnya tinggi dapat dikatakan bahwa ia telah berhasil dalam belajar. Hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Muaro Jambi belum mencapai tingkat keberhasilan yang diinginkan, keberhasilan siswa dalam belajar banyak dipengaruhi faktor eksternal dan internal. Salah satunya yaitu perilaku belajar dan minat belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan tergolong pada penelitian Ex-Post Facto. Responden dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa. Data variabel perilaku belajar (XI) dan minat belajar (X2) dikumpulkan melalui angket dan disusun berdasarkan indikator variabel. Untuk variabel hasil belajar diambil dari nilai ulangan harian ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi tahun ajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan SPSS versi 21.0. diperoleh thitung variabel X1=2,854 dan X2=4,646 sedangkan ttabel=2,000 jadi thitung>ttabel. Dalam pnelitian ini menggunakan tingkat signifikansi 0,05, maka signifikansi X1=0,02 dan X2=0,01 menunjukkan lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel perilaku belajar (X1), minat belajar (X2) terhadap hasil belajar (Y) dapat diterima. Untuk menjawab hipotesis ketiga, dilakukan pengujian secara bersama-sama yakni pengaruh perilaku belajar (X1) dan minat belajar (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y) terdapat pengaruh yang signifikan dengan nilai Fhitung = 47,286 > Ftabel = 3,15) dan Rsquare sebesar 0,624 atau 62,4%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh perilaku belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan kepada siswa agar dapat meningkatkan perilaku belajar dan minat belajar karena kedua variabel ini berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RIRIN KURNIA
Date Deposited: 13 Jul 2017 03:54
Last Modified: 13 Jul 2017 03:54
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1261

Actions (login required)

View Item View Item