PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA 1 MUARO JAMBI

Rosita, rosita PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA 1 MUARO JAMBI. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA 1 MUARO JAMBI.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL-RRA1A112057.pdf

Download (522kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rosita ,2017. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Hasil Belajar pada mata Pelajaran Ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Muaro Jambi,Pembimbing Skripsi (1) Dra. Hj. May Maemunnah, ME Pembimbing Skripsi (II) Drs. Irwan M.pd. Kata Kunci: Pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar. Berdasarkan wawancara dengan guru bidang studi ekonomi di SMA Negeri 1 Muaro jambi, rendahnya hasil belajar tersebut disebabkan oleh kurangnya keatifan suswa dalam memperhatikan pelajaran, bertanya ,mengemukkan pendapat, dan kurangnya keberanian dan keterampilan siswa dalam mengungkapkan pengetahuannya. Dalam kegiatan mengajarkan guru cenderung menggunakan metode ceramah hal ini menyebabkan siswa menjadi kurang aktif dalam belajar. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Muaro jambi, atau secara operasional untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran audio visual dan kelas yang dibelajarkan secara konvesional. Penelitian ini meggunakan metode Ekperimen Semu (quasi eksperimen) dengan bentuk desain pretest dan posttest yang dilakukan di SMAN 1 Muaro Jambi kelas X semester 1 tahun ajaran 2016/2017 dan dilakukan pada tanggl 1 september sampai 30 september 2016. Dari penghitungan statistik dengan taraf signifikan α =0,05 (5% )Dari data tersebut thitung 2,8559 > ttabel sebesar 1,671 dengan demikian H0 ditolak. Jadi hipotesis. ternatif Ha (“terdapat pengruh penggunaan pembelajaran media audio visual terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Diketahui bahwaχ^2hitung>χ^2tabel yaitu 8,54,< 3,841. Artinya terdapat pengaruh penggunaan media audio visual pada mata pelajaran ekonomi hasil belajar siswa X SMA N 1 Muaro jambi. Berdasarkan hasil penelitian, guru diharapkan dapat menggunakan media pembelajaran yang bervariasi dalam proses pembelajaran salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran audio visual yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ROSITA
Date Deposited: 13 Jul 2017 03:54
Last Modified: 13 Jul 2017 03:54
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1263

Actions (login required)

View Item View Item