PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING (PETA PEMIKIRAN) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI

Supriyanto, SUPRIYANTO (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING (PETA PEMIKIRAN) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI. Jurnal Penelitian Universitas Jambi. ISSN 0852-8349

[img]
Preview
Text
RRA1A112010-ARTIKEL.pdf

Download (587kB) | Preview

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING (PETA PEMIKIRAN) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI Supriyanto1), Dr. Dra. Hj. Muazza, M.Si2), Fachruddiansyah Muslim, S.Pd., M.Pd3) 1) Alumni Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Uniersitas Jambi 2) & 3) Dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Uniersitas Jambi Email : Supriyanto0021@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan yang dilakukan peneliti di SMA Negeri 11 Kota Jambi yang menemukan bahwa terdapat kurangnya minat belajar siswa untuk belajar yang dikarenakan kurang menariknya proses pembelajaran yang disampaikan oleh guru kepada siswa sehingga timbul rasa malas untuk belajar yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa, untuk mengatasi masalah tersebut maka peneliti tertarik untuk merubah cara belajar siswa yang pasif menjadi aktif dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping (peta pemikiran) terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi. Dimana model pembelajaran mind mapping (peta pemikiran) adalah model mencatat kreatif yang melibatkan keterampilan kortikal-kata, gambar, nomor, logika, dan warna sehingga memudahkan siswa untuk mengingat suatu materi pembelajaran. Dengan demikian peneliti memilih model pembelajaran mind mapping (peta pemikiran) sebagai model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran model pembelajaran mind mapping (peta pemikiran) terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dan rancangan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan bentuk desain Nonequivqlent Control Group Design yang dilakukan di SMA Negeri 11 Kota Jambi kelas X semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 dan dilakukan pada tanggal 13 Oktober sampai dengan 19 November 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen (77,73) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada kelas kontrol (70,08) dan diketahui bahwa

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SUPRIYANTO
Date Deposited: 28 Jul 2017 03:53
Last Modified: 28 Jul 2017 03:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1265

Actions (login required)

View Item View Item