PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KOPERASI KELAS X IPS SMA NEGERI 10 KOTA JAMBI

Toyib, Toyib PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KOPERASI KELAS X IPS SMA NEGERI 10 KOTA JAMBI. Toyib Jurnal.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: pengembangan, LKS, discovery learning, koperasi. LKS merupakan suatu bahan ajar cetak berupa lembar-lembar kertas yang berisi materi, ringkasan dan petunjuk-petunjuk pelaksanaan tugas pembelajaran yang harus dikerjakan oleh peserta didik yang mengacu pada kompetensi dasar yang harus dicapai. Dengan dikembangkannya LKS berbasis discovery learning siswa di latih untuk belajar mandiri dengan memanfaatkan LKS berbasis discovery learning. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis discovery learning pada materi koperasi di kelas X IPS SMA Negeri 10 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D). Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari (1) analisis; (2) desain; (3) pengembangan; (4) implementasi; dan (5) evaluasi. Penelitian dilakukan di SMA N 10 Kota Jambi, dengan menggunakan sampel 50 orang siswa. Data dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Validasi yang pertama oleh ahli LKS dilakukan sebanyak dua kali. validasi pertama mendapatkan persentase kualitas sebesar 53,3%, sedangkan validasi kedua mendapatkan persentase kualitas sebesar 100%. Validasi ahli materi LKS berbasis discovery learning dilakukan sebanyak satu kali. vaitu mendapatkan persentase kualitas sebesar 100%. Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis discovery learning telah dianggap sangat baik dengan persentase pada uji coba skala kecil sebesar 83,2% dan persentase pada uji coba skala luas sebesar 85,44%, sehingga dapat dinyatakan bahwa LKS berbasis discovery learning hasil pengembangan sangat setuju digunakan dalam proses pembelajaran ekonomi di SMA/MA Kelas X IPS SMA Negeri 10 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: TOYIB
Date Deposited: 28 Jul 2017 03:53
Last Modified: 28 Jul 2017 03:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1273

Actions (login required)

View Item View Item