PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI

SETIAWAN, RIZKY BINTANG (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI. Jurnal Penelitian Universitas Jambi. ISSN 0852-8349

[img]
Preview
Text
RRA1A112058-ARTIKEL.pdf

Download (443kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Setiawan, Bintang, Rizky. 2017. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran learning starts with a question Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 7 Kota Jambi, Pembimbing Skripsi (I) Dra. Hj. May Maemunah. ME. Pembimbing Skripsi (II) Drs. Irwan, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran learning stats with a question dan Hasil Belajar Rendahnya hasil belajar tersebut disebabkan oleh kurangnya konsentrasi siswa dalam belajar, kurangnya perhatian dan minat siswa terhadap bahan mata pelajaran ekonomi, kurangnya keaktifan/ siswa pasif selama proses pembelajaran berlangsung, kurangnya media atau sumber pembelajaran berupa buku penunjang pelajaran yang menyebabkan siswa bergantung kepada guru dan hanya menunggu sajian yang diberikan guru sehingga siswa belum dapat belajar secara mandiri. Serta dalam kegiatan mengajar guru cenderung menggunakan metode ceramah. Hal ini menyebabkan siswa menjadi kurang aktif dalam proses belajar.Guru harus bisa mengajar dengan berbagai model pembelajaran agar siswa lebih tertarik dan termotivasi dan salah satu model pembelajaran yang dilakukan adalah dengan menggunakan model pembelajaran learning starts with a question. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran learning starts with a question terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Kota Jambi, atau secara operasional untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran learning starts with a question dengan kelas yang dibelajarkan secara konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan bentuk desain pretest dan posttest yang dilakukan di SMA Negeri 7 Kota Jambi kelas XI IPS semester I tahun ajaran 2016/2017 dan dilakukan pada tanggal 24 Oktober sampai dengan 30 November 2016. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen (81,06) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada kelas kontrol (73,73) dan pada uji-t diperoleh nilai bahwa t_hitung =3,541 dan t_tabel = 1,684 jadi nilai t_hitung > t_tabel (3,541 > 1,684). Artinya terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran learning starts with a question terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Kota Jambi. Kesimpulan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran learning starts with a question dengan kelas yang dibelajarkan secara konvensional. Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran learning starts with a question pada proses pembelajaran sehingga dapat mengoptimalkan hasil belajar siswa. Untuk penelitian lebih lanjut, disarankan kiranya untuk perlu diteliti pada pokok bahasan yang lain dan dalam ruang lingkup yang lebih jelas.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RIZKY BINTANG SETIAWAN
Date Deposited: 17 Jul 2017 01:57
Last Modified: 17 Jul 2017 01:57
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1278

Actions (login required)

View Item View Item