PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MIND MAP PADA MATERI INVERTEBRATA UNTUK SMP KELAS VII

PUTRI, YUNIAYU (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MIND MAP PADA MATERI INVERTEBRATA UNTUK SMP KELAS VII. PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MIND MAP PADA MATERI INVERTEBRATA UNTUK SMP KELAS VII. pp. 1-12.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH YUNI PDF.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Mind Map Pada Materi Invertebrata Untuk SMP Kelas VII Yuni Ayu Putri, Asni Johari, Tedjo Sukmono Program Studi Biologi FKIP Universitas Jambi, Jl.Jambi Muara Bulian KM 15, Mendalo Darat, Jambi. e-mail: yuniayuputri07@gmail.com ABSTRAK Kurangnya bahan ajar inovatif yang digunakan guru dalam proses pembelajaran, mengakibatkan siswa mengalami kesulitan dalam menemukan konsep materi. Hal ini bisa dilihat dari hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kota Jambi yang berada di bawah kriteria ketuntasan minimum. Guru diharapkan dapat menyajikan bahan ajar yang inovatif sehingga siswa dapat mudah memahami konsep materi. Penelitian bertujuan menghasilkan produk berupa bahan ajar berbasis Mind Map pada materi invertebrata dan mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar berbasis Mind Map pada materi Invertebrata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R & D) yang meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba, serta pemakaian. Produk pengembangan yang dihasilkan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi, sebelum diuji cobakan kepada responden kelompok kecil dan besar, serta guru IPA di SMP Negeri 14 Kota Jambi validasi media, dilakukan tiga tahap dengan skor akhir 86% dengan kategori sangat baik. Validasi materi dilakukan sebanyak tiga tahap dengan skor akhir 73,3% termasuk kategori baik. Ujicoba produk dilaksanakan di SMPN 14 Kota Jambi dengan hasil kelompok kecil memperoleh skor 85,3% (sangat baik) dan kelompok besar memperoleh skor 85,8% (sangat baik). Adapun respon guru IPA memperoleh skor 83,6% (sangat baik). Secara keseluruhan bahan ajar yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik, menarik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran, serta membantu siswa dalam memahami materi invertebrata.

Type: Article
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: YUNI AYU PUTRI
Date Deposited: 17 Jul 2017 07:20
Last Modified: 17 Jul 2017 07:20
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1302

Actions (login required)

View Item View Item