PENGEMBANGAN KAMUS GENETIKA BERBASIS KONSEPTUAL BERGAMBAR PADA MATERI GENETIKA UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI

AZANI, MUTIARA (2017) PENGEMBANGAN KAMUS GENETIKA BERBASIS KONSEPTUAL BERGAMBAR PADA MATERI GENETIKA UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI. PENGEMBANGAN KAMUS GENETIKA BERBASIS KONSEPTUAL BERGAMBAR PADA MATERI GENETIKA UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI. pp. 1-11.

[img]
Preview
Text
A1C411034-ARTIKEL.pdf

Download (606kB) | Preview

Abstract

Pengembangan Kamus Genetika Berbasis Konseptual Bergambar Pada Materi Genetika untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Mutiara Azani1),Evita Anggereini2), Muswita2) 1) Mahasiswa Pendidikan Biologi, e-mail:Mutiara.azani@yahoo.co.id 2) Dosen Pembimbing Skripsi Oleh : Mutiara Azani Abstrak.Genetika merupakan salah satu mata kuliah di program studi pendidikan biologi. Mata kuliah genetika ini sering dianggap sulit oleh sebagian besar mahasiswa pendidikan biologi FKIP Universitas Jambi. Kesulitan tersebut dapat terlihat setiap tahunnya mahasiswa yang mengontrak mata kuliah genetika sebagian besar mendapatkan nilai yang kurang memuaskan. Hal ini dikarenakan sulitnya memahami dan mempelajari ilmu genetika saat perkuliahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk akhir berupa kamus konseptual bergambar, mengetahui kelayakan kamus serta respon dan tanggapan mahasiswa terhadap produk yang dikembangkan.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengikuti model ADDIEyaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Ujicoba dilakukan pada kelompok kecil dengan responden 9 orang dan kelompok besar18 orang.Hasil validasi ahli materi diperoleh persentase akhir 91,6 % (sangat baik) dan validasi ahli media persentase akhir 86,6 % (sangat baik). Hasil ujicoba kelompok kecil dengan persentase 85,5 % kriteria sangat baik dan ujicoba kelompok besar dengan persentase 83,4 % kriteria sangat baik. Hasil ujicoba kepada dosen mata kuliah genetika yaitu 89,1%. Saran yang diberikan yaitu menambahkan halaman sampul dibagian dalam kamus dan mengabjadkan penomoran pada kamus.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa produk kamus genetika berbasis konseptual bergambar layak digunakan sebagai media pembelajaran mahasiswa dalam mempelajari kosakata istilah genetika secara mandiri. Hasil penelitian menjelaskan bahwa media kamus genetika berbasis konseptual bergambar sudah layak untuk digunakan bagi mahasiswa.

Type: Article
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: MUTIARA AZANI
Date Deposited: 17 Jul 2017 07:21
Last Modified: 17 Jul 2017 07:21
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1304

Actions (login required)

View Item View Item