Meningkatkan Keaktifan Belajar Kelompok melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 95/1 Desa Olak. Skiripsi

istiqomi, vezi (2017) Meningkatkan Keaktifan Belajar Kelompok melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 95/1 Desa Olak. Skiripsi. UNJA, 1. pp. 1-13. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
A1D113035-ARTIKEL.pdf

Download (417kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh proses pembelajaran yang dilakukan guru. Permasalahan bahwa siswa kurang antusias dan aktif terhadap pembelajaran kelompok. Guru kelas IV telah menggunakan beberapa model pembeljaran baru sebagai inovasi pembeljaran. Jadi permasalahan ini mengacu pada keaktifan belajar kelompok siswa yang masih rendah. Karena keaktifan beljar kelompok siswa masih rendah maka perlu sebuah pembeljaran untuk meningkatkan keaktifan belajar kelompok siswa, dengan salah satu model yang digunakan untuk memperbaiki permasalahan diatas dengan menggunakan model Problem Based Instruction (PBI) dapat menumbuhkan keaktifan belajar kelompok siswa sehingga siswa menjadi aktif dalam proses pembeljaran secara kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dalam meningkatkan keaktifan belajar kelompok siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Instruction (PBI) kelas IV di SD Negeri 95/1 Desa Olak. Terdiri dari dua siklus , diman data yang diambil yaitu berupa data observasi melalui lembar observasi keaktifan belajar kelompok yang dilakukan pada setiap proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI). Penelitian ini dilakukan 4 tahapan yaitu Perencenaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan keaktifan belajar kelompok siswa kelas IV SD Negeri 95/1 Desa Olak. Berdasarkan lembar rekapitulasi persentase keaktifan belajar kelompok siswa menunjukkan adanya peningkatan terbukti dari siklus I keaktifan belajar kelompok siswa sebesar 55,5 meningkat pada siklus II menjadi 91,5 Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahawa model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan keaktifan belajar kelompok siswa kelas IV SD Negeri 95/1 Desa Olak.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: VEZI ISTIQOMI
Date Deposited: 17 Jul 2017 02:27
Last Modified: 17 Jul 2017 02:27
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1329

Actions (login required)

View Item View Item