Meningkatkan Kerjasama Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Scramble Di Kelas III SD Negeri 187/1 Muara Bulian

kandya, yossa (2017) Meningkatkan Kerjasama Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Scramble Di Kelas III SD Negeri 187/1 Muara Bulian. unja, 1. pp. 1-13. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
A1D113019-ARTIKEL.pdf

Download (362kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan bahwa kerjasama siswa yang terjadi di dalam kelas saat proses pembelajaran IPS pada siswa kelas III SD Negeri 187/I Muara Bulian. Hal ini berdasarkan atas hasil observasi yang dilakukan pada siswa kelas III SD Negeri 187/I Muara Bulian saat pembelajaran kerjasama siswa di dalam kelas. Pembelajaran yang mengedepankan interaksi satu arah dimana guru memiliki peranan utama dalam kegiatan pembelajaran di kelasmenyebabkan proses pembelajaran yang berlangsung kurang menarik sehingga siswa mudah cepat bosan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang berdampak pada keinginan dan siswa untuk mengetahui lebih banyak tentang materi menjadi kurang. Penelitian tindakan kelas ini, bertujuan untuk meningkatkan kerjasama siswa melalui model pembelajaranKooperatif tipeScramblepada siswa kelas III SD Negeri 187/1 Muara Bulian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil yaitu berupa data observasi, melalui lembar observasi kerjasama siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan 4 tahap yaitu tahap perencanaa, pelaksanaa, observasi dan refleksi. Pada saat proses belajar mengajar kegiatan pembelajaran menerapkan model pembelajaranKooperatif tipeScramble. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaranKooperatif tipeScrambledapat meningkatkan kerjasamasiswa pada mata pembelajaran IPS. Berdasarkan lembar observasi kerjasama siswa menunjukkan adanya peningkatan, dengan hasil persentase kerjasama siswa sebesar 69% dengan kategori baik pada siklus I dan 84% dengan kategori sangat baik pada siklus II. Berdasarkan temuan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa kerjasama siswa pembelajaran IPSpada siswa kelas III SD Negeri 187/I Muara Bulian dapat meningkat setelah diterapkan model pembelajaranKooperatif tipeScramble.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Yossa Kandya
Date Deposited: 17 Jul 2017 02:26
Last Modified: 17 Jul 2017 02:26
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1331

Actions (login required)

View Item View Item