MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS V SD NEGERI 186/1 SRIDADI

OKTAVIONI, WINDA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS V SD NEGERI 186/1 SRIDADI. MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS V SD NEGERI 186/1 SRIDADI. (In Press)

[img]
Preview
Archive
A1D113057-ARTIKEL.pdf - Published Version

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
32. ARTIKEL ILMIAH A1D113057.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH A1D113057.pdf

Download (494kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Oktavioni, W. 2017. “Meningkatkan Rasa InginTahu Siswa pada Pembelajaran IPA Melalui Model Discovery Learning di Kelas V SD Negeri 186/I Sridadi”. Skripsi Studi Pendidikan Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi Pembimbing I Drs. Faizal Chan, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Dwi Kurnia Hayati,S.Pd, M.Pd. Kata kunci : Rasa InginTahu, Model Discovery Learning. Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan bahwa rasa ingin tahu siswa pada pembelajaran IPA dikelas V SD Negeri 186/I Sridadi masih kurang dengan hasil obervasi rasa ingin tahu sebesar 26,66%. Pembelajaran yang mengedepankan interaksi satu arah dimana guru memiliki peranan utama dalam kegiatan pembelajaran di kelas menyebabkan proses pembelajaran yang berlangsung kurang menarik sehingga siswa mudah cepat bosan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang berdampak pada keinginan siswa untuk mengetahui lebih banyak tentang materi menjadi kurang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa pada pembelajaran IPA melalui model discovery learning pada siswa kelas V SD Negeri 186/1 Sridadi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil yaitu berupa data observasi melalui lembar observasi rasa ingin tahu dan lembar observasi aktivitas guru. Penelitian ini dilaksanakan dengan 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Pada saat proses belajar mengajar kegiatan pembelajaran menerapkan model pembelajaran discovery learning. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model discovery learning dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa pada mata pelajaran IPA. Berdasarkan lembar observasi rasa ingin tahu siswa menunjukkan adanya peningkatan, dengan hasil persentase rasa ingin tahu siswa sebesar 63% dengan kategori baik pada siklus I dan 81% dengan kategori sangat baik pada siklus II. Berdasarkan temuan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa rasa ingin tahu siswa pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri 186/Sridadi dapat meningkat setelah diterapkan model discovery learning. ABSTRACT Oktavioni, W.2017 "Increasing Students' Curiosity of Science Learning through Discovery Learning Models in Class V SD Negeri 186 / I Sridadi". Thesis of Primary School Education Studies, Department of Education, Faculty of Teacher Training and Education Jambi I Drs. Faizal Chan, S.Pd, M. Si and Supervisor II Dwi Kurnia Hayati, S.Pd, M.Pd. Keywords: Curiosity, Model of Discovery Learning. This research is based on the fact that students' curiosity on science learning in class V SD Negeri 186 / I Sridadi is still less with the result of curious curiosity of 26.66%. Learning that emphasizes one-way interaction where the teacher has a major role in the learning activities in the classroom leads to less interesting learning process so that students easily get bored quickly in following the learning activities that impact on the students desire to know more about the material becomes less. This study aims to improve students' curiosity on science learning through the discovery learning model in grade V students SD Negeri 186/1 Sridadi. This research is a class action research (PTK) consisting of two cycles, where the data taken is in the form of observation data through the observation sheet of curiosity and observation sheet of teacher activity. This research is carried out with 4 stages of planning, implementation, observation and reflection. At the time of learning process teaching learning activity applying learning discovery learning model. The results of this study indicate the application of discovery learning model can increase students' curiosity in science subjects. Based on the students' curiosity observation sheet showed an increase, with the result of the percentage of curiosity of students by 63% with good category in cycle I and 81% with very good category in cycle II. Based on the findings of research results, it can be concluded that the curiosity of students learning science in grade V SD Negeri 186 / Sridadi can be increased after the application of discovery learning model.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: WINDA OKTAVIONI
Date Deposited: 19 Jul 2017 01:55
Last Modified: 19 Jul 2017 01:55
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1334

Actions (login required)

View Item View Item