ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ASAM DAN BASA KELAS XI IPA SMA N 7 KOTA JAMBI

Putriyani, Ellisa ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ASAM DAN BASA KELAS XI IPA SMA N 7 KOTA JAMBI. ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ASAM DAN BASA KELAS XI IPA SMA N 7 KOTA JAMBI. (Submitted)

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH ELLISA PUTRIYANI.pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi asam dan basa kelas XI IPA SMA N 7 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan desain Mix Method yang merupakan desain pembelajaran yang berfokus pada pengumpulan dan analisis data serta memadukan antara data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling penentuan sampel dilakukan secara undian dan diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen. Instrument penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan model inkuiri terbimbing oleh guru maupun siswa serta lembar observasi kemampuan berpikir kritis siswa. Keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri tebimbing oleh guru dikategorikan baik dengan rata-rata persentase 77,31% dan siswa 74,51%, serta kemampuan berpikir kritis siswa sebesar71,87% dengan kategori baik. Data keterlaksanaan model oleh siswa dan kemampuan berpikir kritis berdistribusi nomal (0,151>0,05),(0,156>0,05) dan homogen (0,149>0,05). Hasil uji regresi linear menggunakan product moment diperoleh r=0,519 dengan tingkat hubungan pada kategori sedang, nilai signifikansi 0,00 < 0,05 yang berarti terdapat korelasi yang signifikan. Selanjutnya dilakukan uji t dengan diperoleh thitung>ttabel (3,213 > 1,701) dan nilai signifikansi (Sig.) 0,00 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi asam dan basa di kelas XI IPA SMA N 7 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: ELLISA PUTRIYANI
Date Deposited: 19 Jul 2017 02:46
Last Modified: 19 Jul 2017 02:46
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1335

Actions (login required)

View Item View Item