MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI KELAS V SD NEGERI 111/I MUARA BULIAN

PAUZIAH, PAUZIAH (2017) MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI KELAS V SD NEGERI 111/I MUARA BULIAN. JURNAL MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI KELAS V SD NEGERI 111/I MUARA BULIAN.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH-A1D113037.pdf

Download (376kB) | Preview

Abstract

MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI KELAS V SD NEGERI 111/I MUARA BULIAN Diajukan Oleh: PAUZIAH NIM A1D113037 PGSD FKIP UNIVERSITAS JAMBI ABSTRAK Pauziah. 2017. Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA melalui Model Pembelajaran Make a Match di Kelas V SD Negeri 111/I Muara Bulian. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I. Drs. Faizal Chan, S.Pd, M.Si; Pembimbing II Agung Rimba Kurniawan, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Keaktifan Belajar, Mata Pelajaran IPA, Model Pembelajaran Make A Match. Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan bahwa keaktifan belajar peserta didik rendah di kelas V SD Negeri 111/I Muara Bulian dikarenakan peserta didik malas bertanya dan hanya sesekali menjawab pertanyaan guru, peseta didik merasa bosan dan mengantuk saat proses pembelajaran. Guru hanya menerangkan dan meminta peserta didik mencatat sehingga membuat pelajaran masih satu arah. Peserta didik tidak memahami pelajaran. Pemanfaatan media dan model pembelajaran yang tidak digunakan secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik melalui model pembelajaran make a match di Kelas V SD Negeri 111/I Muara Bulian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil yaitu berupa data observasi melalui lembar observasi keaktifan belajar peserta didik dan lembar observasi guru yang dilakukan pada tiap proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran make a macth. Penelitian ini dilaksanakan dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan melalui model pembelajaran make a match dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas V SD Negeri 111/I Muara Bulian. Berdasarkan lembar observasi keaktifan belajar peserta didik menunjukkan adanya peningkatan, terbukti dari siklus I keaktifan belajar peserta didik 56,75% / Cukup Baik, meningkat pada siklus II menjadi 75,74% / Baik. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran make a macth dapat meningkatkan keaktifan belajar peseta didik di kelas V SD Negeri 111/I Muara Bulian.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Pauziah
Date Deposited: 19 Jul 2017 01:05
Last Modified: 19 Jul 2017 01:05
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1338

Actions (login required)

View Item View Item