MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA MELALUI MODEL SNOWBALL THROWING DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 111/1 MUARA BULIAN

INDRIANI, NIA (2017) MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA MELALUI MODEL SNOWBALL THROWING DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 111/1 MUARA BULIAN. jurnal MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA MELALUI MODEL SNOWBALL THROWING DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 111/1 MUARA BULIAN.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH-A1D113007.pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA MELALUI MODEL SNOWBALL THROWING DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 111/1 MUARA BULIAN Diajukan Oleh: NIA INDRIANI NIM A1D113007 PGSD FKIP UNIVERSITAS JAMBI ABSTRAK Indriani, Nia. 2017. Meningkatkan Percaya Diri Siswa melalui Model Snowball Throwing dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 111/I Muara Bulian. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I. Drs. Andi Suhandi,S.Pd, M.Pd; Pembimbing II. Agung Rimba Kurniawan, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Percaya Diri, Model Snowball Throwing, Pembelajaran IPA Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan dimana masih banyak siswa khususnya kelas IV SD Negeri 111/I Muara Bulian belum memiliki percaya diri yang baik. Hal ini terlihat karena siswa malas belajar sehingga memicu kurang percaya diri siswa, siswa enggan bertanya jawab selama proses pembelajaran belangsung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri siswa melalui model Snowball Throwing pada siswa kelas IV SD Negeri 111/I Muara Bulian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, data diperoleh dari observasi melalui lembar observasi percaya diri siswa dan lembar keterlaksanaan RPP yang dilakukan pada tiap proses pembelajaran menggunakan model Snowball Throwing. Penelitian ini dilaksanakan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan penerapan model Snowball Throwing dapat meningkatkan percaya diri siswa kelas IV SD Negeri 111/I Muara Bulian. Berdasarkan lembar observasi siswa, percaya diri siswa menunjukan adanya peningkatan, hal ini terbukti dari siklus I percaya diri siswa 65,57 %, meningkat pada siklus II menjadi 82,25 %. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Snowball Throwing dapat meningkatkan percaya diri siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 111/I Muara Bulian.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NIA INDRIANI
Date Deposited: 19 Jul 2017 01:05
Last Modified: 19 Jul 2017 01:05
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1339

Actions (login required)

View Item View Item