PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK KONTEKSTUAL PADA MATERI VIRUS UNTUK SISWA SMA KELAS X MIPA

Kalvadema, Rocky (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK KONTEKSTUAL PADA MATERI VIRUS UNTUK SISWA SMA KELAS X MIPA. Other thesis, University of Jambi.

[img]
Preview
Text
01.COVER.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02.COVER DALAM.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03.PERSETUJUAN PEMBIMBING DEKAN.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04.PERNYATAAN, ABSTRAK, & KATA PENGANTAR.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05.DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL, & LAMPIRAN.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06.BAB I.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07.BAB II.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08.BAB III.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09.BAB IV.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10.BAB V.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11.DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN 1 - SILABUS.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN 2 - LEMBAR OBSERVASI GURU.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN 3 - LEMBAR OBSERVASI SISWA.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN 4 - LEMBAR VALIDASI AHLI DESAIN MEDIA.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN 5 - 22.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Kontekstual merupakan pembelajaran yang dilakukan dengan mempertimbangkan situasi, tempat, waktu, dan lingkungan pembelajaran dengan memanfaatkan aspek-aspek yang terkait dengan kehidupan nyata pada topik yang sedang dibahas dalam sebuah proses belajar. Proses belajar terjadi karena adanya interaksi antara seseorang dengan lingkungannya. Untuk mewujudkan hal ini salah satu jalan alternatifnya adalah dengan pemanfaatan buku pembelajaran yang dapat dibaca dimana dan kapan saja. Komik merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat dibaca dimana dan kapan saja. Dalam berbagai hal, komik dapat diterapkan sebagai media untuk menyampaikan pesan dalam berbagai ilmu pengetahuan, dikemas dengan penampilan yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik kontekstual pada materi virus, mengetahui kelayakan media komik yang dikembangkan, dan mengetahui guru dan siswa terhadap media pembelajaran komik kontekstual pada materi virus. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengambilan data dilakukan kepada guru Biologi kelas X dan kelompok kecil siswa di SMA N 1 Kota Jambi. Siswa yang dijadikan sebagai subjek ujicoba sebanyak 12 orang siswa. Instrumen penelitian berupa angket tertutup. Angket ini berupa rating scale (skala bertingkat) dengan 4 kategori penilaian. Berdasarkan data hasil penelitian yang dikumpulkan, peneliti melakukan analisis data kuantitatif yang kemudian ditafsirkan dalam pengertian kualitatif. Hasil validasi oleh ahli desain media memperoleh persentase akhir 93,75% dalam kategori sangat baik dan validasi oleh ahli materi memperoleh persentase akhir 90% dalam kategori sangat baik. Persentase pada respon guru yaitu 87,50% dalam kategori sangat baik dan persentase ujicoba kelompok kecil kepada 12 orang siswa MIPA yaitu 90,41% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan analisis data kuantitatif dan kualitatif dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan berupa komik kontekstual pada materi virus untuk siswa SMA kelas X MIPA termasuk dalam kategori sangat baik dari aspek konten tampilan media dan fungsi media.

Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ROCKY KALVADEMA
Date Deposited: 17 Jul 2017 06:38
Last Modified: 17 Jul 2017 06:38
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1345

Actions (login required)

View Item View Item