PERAN GURU DALAM PENANAMAN NILAI KARAKTER RELIGIUS DI LINGKUNGAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS IV SDN NO 20/ I JEMBATAN MAS

Irawan, Yanda PERAN GURU DALAM PENANAMAN NILAI KARAKTER RELIGIUS DI LINGKUNGAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS IV SDN NO 20/ I JEMBATAN MAS. jurnal PERAN GURU DALAM PENANAMAN NILAI KARAKTER RELIGIUS DI LINGKUNGAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS IV SDN NO 20/ I JEMBATAN MAS.

[img]
Preview
Text
A1D110063-ARTIKEL.pdf

Download (569kB) | Preview

Abstract

PERAN GURU DALAM PENANAMAN NILAI KARAKTER RELIGIUS DI LINGKUNGAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS IV SDN NO 20/ I JEMBATAN MAS Oleh: Yanda irawan (Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Jambi) ABSTRAK Berdasarkan pengamatan peneliti di kelas IV SD Negeri 20/I Jembatan mas, bahwa guru mempunyai peran penting dalam memfasilitasi peserta didik dalam proses penanaman nilai karakter religius dilingkungan sekolah. Pada observasi awal penelitian, ditemukan belum teroptimalnya nilai karakter religius di lingkungan sekolah. Sehingga peran guru dalam menanamkan nilai karakter religius di lingkungan sekolah sangatlah di butuhkan guna meningkatkan sikap dan tingkah laku tindakan sesuai dengan etika dan moral keagamaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai karakter religius di lingkungan sekolah pada siswa kelas IV SDN NO 20/ I Jembatan Mas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pelaksanaan penelitian ini di SD Negeri 20/I Jembatan Mas.Secara administratif masuk wilayah Kecamatan Pemayung Kabupaten Batanghari. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan di SDN No.20/I Jembatan Mas, baik berdasarkan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang telah dilakukan peneliti dapat diketahui telah di laksanakan baik dalam proses belajar maupun di luar jam pelajaran tersebut hingga membiasakan untuk melaksanakan contoh-contoh kecil. Karena selain prestasi yang gemilang seseorang tidak berarti apa-apa tanpa adanya akhlak terpuji dan ini bukan hanya dikalangan pelajar akan tetapi menjadi bekal di masa yang akan datang. Kesimpulan penelitian ini adalah peran guru dalam penanaman karakter religius di lingkungan sekolah pada siswa kelas IV SDN No.20/I Jembatan Mas telah diupayakan memaksimalkan menggunakan peran sebagai pendidik sekaligus berperan sebagai pengajar, di dalam maupun luar kelas dan telah berkategori baik. Dengan cara meluangan waktu untuk sholat berjamaah dengan tata tertib dan disiplin di musholah, sopan santun berbicara antara peserta didik,peserta didik dan guru, berpakaian menutup aurat, menbudayakan senyum, sapa dan salam, memasangkan hasil karya peserta didik berupa photo dan moto yang mengandung pesan nilai-nilai keagamaan. akan tetapi diharapkan perlunya partisipasi bukan hanya dari pelaksanaan melainkan penunjang berupa peran keluarga dan masyarakat lingkungan sekitar siswa perlu di perhatikan. Dlam nilai religius dapat pula terkandung berupa; semangat berkorban, peduli sesama, saling menolong, perilaku tradisi sholat berjamaah, gemar bersedeqah, rajin belajar dan perilaku yang mulia lainnya.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: YANDA IRAWAN
Date Deposited: 24 Jul 2017 06:39
Last Modified: 24 Jul 2017 06:39
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1366

Actions (login required)

View Item View Item