Pengembangan Media Pembelajaran Awetan Organ Bunga menggunakan Fiberglass pada Mata Kuliah Struktur Tumbuhan untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi

Yuanawati, Nurvita Pengembangan Media Pembelajaran Awetan Organ Bunga menggunakan Fiberglass pada Mata Kuliah Struktur Tumbuhan untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi. Biospesies. ISSN 1979-0902

[img]
Preview
Text
RSA1C412005-Artikel.pdf

Download (600kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yuanawati, Nurvita. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Awetan Organ Bunga Menggunakan Fiberglass pada Mata Kuliah Struktur Tumbuhan untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi. Skripsi, Jurusan PMIPA, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing I. Dr. Upik Yelianti, M.S, Pembimbing II. Dra. Hj. Muswita, M.Si. Kata kunci: awetan, fiberglass, media pembelajaran. Struktur Tumbuhan merupakan salah satu mata kuliah yang dipelajari di Program Studi Pendidikan Biologi, ada beberapa kendala yang dapat menghambat proses pembelajaran. Kendala tersebut antara lain : media pembelajaran yg selama ini digunakan berupa power point dan buku, belum ada media pembelajaran yang menyajikan objek secara nyata, perlunya penelusuran langsung pada objek yang diamati untuk memperoleh pemahaman yang jelas. Oleh karena itu, dibuatlah media pembelajaran awetan organ bunga menggunakan fiberglass. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Jenis data yang diambil yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari tim validasi mengenai perbaikan media pembelajaran. Data kuantitatif yang diperoleh berupa data dari mahasiswa (responden) mengenai penilaian terhadap media pembelajaran awetan bunga yang telah dibuat. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Data yang bersifat kualitatif dijelaskan secara deskriptif, selanjutnya dijadikan dasar dalam merevisi media awetan ini. Data yang bersifat kuantitatif dari hasil ujicoba kelompok kecil dianalisis menggunakan skala rating scale. Kelayakan media pembelajaran diketahui berdasarkan hasil validasi media dan hasil validasi materi. Validator ahli materi dan validator ahli media telah menyatakan media pembelajaran layak untuk diujicobakan. Validasi media dilakukan tiga kali memperoleh skor akhir 56 dengan kriteria sangat baik. Validasi materi dilakukan sebanyak dua kali dengan skor akhir 46 termasuk dalam kriteria sangat baik. Persepsi mahasiswa terhadap media pembelajaran memperoleh skor 530 termasuk dalam kriteria sangat baik. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik, menarik, dan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi organ bunga Mata Kuliah Struktur Tumbuhan. Disarankan untuk peneliti selanjutnya agar melanjutkan pengembangan produk media pembelajaran awetan organ bunga menggunakan fiberglass agar dapat melengkapi jenis bunga lain yang belum teramati.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QK Botany
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: NURVITA YUANAWATI
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:13
Last Modified: 24 Jul 2017 04:13
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1369

Actions (login required)

View Item View Item