Upaya Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VIIIF dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD di SMP Negeri 8 Kota Jambi

Nugraha, Andi Fitra Upaya Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VIIIF dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD di SMP Negeri 8 Kota Jambi. Upaya Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VIIIF dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD di SMP Negeri 8 Kota Jambi.

[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB III.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB IV.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB V.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. Lembar Pengesahan.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
A1C310032-ARTIKEL.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
26. Lampiran 12 Lembar Observasi Sikap ilmiah.pdf

Download (41kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nugraha, Andi Fitra. 2017. Upaya Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VIIIF Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di SMP Negeri 8 Kota Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Menza Hendri, M.Pd (II) Drs. M. Hidayat, M.Pd Kata Kunci: Sikap ilmiah, model pembelajaran kooperatif, Student Teams Achievement Divisions (STAD) Penelitian ini dilatar-belakangi oleh rendahnya sikap ilmiah siswa di kelas VIIIF SMP Negeri 8 Kota Jambi, yang disebabkan olehkurangnya antusias siswa dalam mencari jawaban dan kurangnya kreativitas siswa dalam penggunaan alat praktikum. Dengan memperhatikan kondisi tersebut, maka guru dituntut untuk melakukan perbaikan atau memilih model yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar. Model yang dipilih hendaknya melibatkan siswa secara aktif sehingga dapat membangkitkan sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran fisika. Salah satu strategi untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa dalam belajar fisika adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dalam proses belajar mengajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelasVIII_F SMP Negeri 8 Kota Jambi, dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang yang terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Waktu pelaksanaan adalah pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 dengan materi usaha dan energi. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan sikap ilmiah pada tiap siklus. Dimana pada siklus I rata-rata sikap ilmiah siswa 2,25 (C) dengan jumlah siswa yang berhasil adalah 4 orang (11,76%) dengan kategori nilai diatas 2,66 (B), meningkat pada siklus II dengan rata-rata sikap ilmiah siswa 2,55 (C) dengan jumlah siswa yang berhasil berjumlah 18 Orang (52,94%), kemudian meningkat lagi pada siklus III menjadi 2.71 (B) dengan jumlah siswa yang berhasil mencapai 24 Orang (70,58%) dari jumlah keseluruhan siswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa di kelas VIII_F SMP Negeri 8 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: ANDI FITRA NUGRAHA
Date Deposited: 17 Jul 2017 07:34
Last Modified: 17 Jul 2017 07:34
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1371

Actions (login required)

View Item View Item