Pengembangan Handout Pembelajaran IPA Berbasis Entrepreneurship Untuk Siswa Kelas XI Tata Niaga di Sekolah Menengah Kejuruan

Agusti, Erick Pengembangan Handout Pembelajaran IPA Berbasis Entrepreneurship Untuk Siswa Kelas XI Tata Niaga di Sekolah Menengah Kejuruan. Biospesies. ISSN 1979-0902

[img]
Preview
Text
A1C412003-ARTIKEL.pdf

Download (680kB) | Preview

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan merupakan lembaga pendidikan tingkat menengah yang memiliki peran untuk menghasilkan sumber daya manusia yang produktif dan profesional. IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang terdapat di SMK. IPA dianggap sebagai mata pelajaran yang tidak produktif dan bukanlah mata pelajaran utama di SMK, sehingga diperlukan suatu usaha untuk meningkatkan minat siswa terhadap mata pelajaran IPA. Salah satu materi yang terdapat pada mata pelajaran IPA di kelas XI Tata Niaga ialah cara penanganan limbah. Dalam proses pembelajarannya, belum terdapat bahan ajar yang dapat mendukung praktek cara penanganan limbah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan, mengetahui kelayakan dan mengetahui tanggapan guru serta mengetahui persepsi siwa terhadap handout pembelajaran IPA berbasis entrepreneurship untuk siswa kelas XI Tata Niaga di SMK. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Jenis data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari penilaian angket siswa dan data kualitatif diperoleh dari validasi materi, validasi desain handout dan tanggapan guru. Handout yang telah dikembangkan divalidasi oleh tim validator yaitu validator materi dan validator desain handout, diujicoba kepada kelompok kecil yang terdiri dari 6 orang siswa dengan tingkat kemampuan akademik yang berbeda serta ujicoba tanggapan guru yakni 1 orang guru IPA di SMK Nusantara. Hasil validasi oleh validator materi menunjukkan 75% (baik) dan validasi oleh validator desain handout menunjukkan persentase 89,3% (sangat baik). Hasil ujicoba tanggapan guru diperoleh persentase 90% (sangat baik) dan hasil ujicoba kelompok kecil diperoleh persentase 88,33% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa produk handout IPA berbasis entrepreneurship untuk siswa kelas XI Tata Niaga termasuk dalam kategori sangat baik dari aspek kemudahan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Erick Agusti
Date Deposited: 19 Jul 2017 03:11
Last Modified: 19 Jul 2017 03:11
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1381

Actions (login required)

View Item View Item