Tindak Tutur Ekspresif Guru Bahasa Indonesia dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP AL-Falah Kota Jambi Tahun Ajaran 2016/2017

Anggraini, Widya (2017) Tindak Tutur Ekspresif Guru Bahasa Indonesia dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP AL-Falah Kota Jambi Tahun Ajaran 2016/2017. Tindak Tutur Ekspresif Guru Bahasa Indonesia dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP AL-Falah Kota Jambi Tahun Ajaran 2016/2017.

[img] Text
RRA1B113007-ARTIKEL.docx

Download (30kB)

Abstract

ABSTRAK Anggraini, W. 2017. Tindak Tutur Ekspresif Guru bahasa Indonesia dalam Pembelajaran bahasa Indonesia Kelas VII SMP Al-Falah Kota Jambi Tahun Ajaran 2016/2017. Pembimbing I. Prof. Dr. Mujiyono Wiryotinoyo, M.Pd; Pembimbing II. Rustam,S.Pd, M.Hum. Kata kunci: tindak tutur ekspresif, jenis dan fungsi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis dan fungsi tindak tutur ekspresif yang digunakan guru bahasa Indonesia kelas VII SMP Al-Falah Kota Jambi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tuturan ekspresif guru kelas VII SMP Al-Falah Kota Jambi. Sumber data diambil dari informan yakni guru bahasa Indoesia kelas VII yang mengajar di sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak, catat, rekam. Analisis yang digunakan adalah analisis pragmatik. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Analisis data menghasilkan temuan jenis dan fungsi tindak tutur ekspresif guru kelas VII SMP Al-Falah Kota Jambi. Jenis tindak tutur ekspresif guru kelas VII SMP Al-Falah Kota Jambi dalam proses pembelajaran yang terjadi antara guru dan siswa sebanyak 9 jenis yang terdiri dari jenis tindak tutur memberi pujian, jenis tindak tutur memberi perhatian, jenis tindak tutur memarahi, jenis tindak tutur sindiran, jenis tindak tutur memberi peringatan, jenis tindak tutur memaafkan, jenis tindak tutur meminta tolong, jenis tindak tutur menyarankan, jenis tindak tutur bertanya. Fungsi tindak tutur guru bahasa Indonesia kelas VII SMP AL-Falah Kota Jambi yaitu fungsi tukar menukar informasi faktual, fungsi tukar menukar sikap emosi, fungai tukar menukar moral, fungsi tukar menukar meyakinkan atau mempengaruhi. Simpulan penelitian ini, yakni penerapan jenis dan fungsi tindak tutur ekspresif guru bahasa Indonesia masih sama dengan penelitian yang relevan lainnya. Namun guru bahasa Indonesia kelas VII SMP Al-Falah ini lebih dominan jenis tindak tutur memberi peringatan dan memberi perhatian. Saran peneliti dari hasil penelitian disarankan kepada pemakai bahasa agar dapat memahami tindak tutur terutama yang berimplikasi pragmatis tuturan supaya dapat berinteraksi dengan baik. Selanjutnya untuk pembelajaran disarankan agar guru dapat memahami dan menggunakan tindak tutur dalam berinteraksi pada proses pembelajaran, baik secara lisan maupun tulisan.

Type: Article
Subjects: L Education > LA History of education
Depositing User: WIDYA ANGGRAINI
Date Deposited: 19 Jul 2017 06:48
Last Modified: 19 Jul 2017 06:48
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1390

Actions (login required)

View Item View Item