pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar sains siswa kelas IV SD N 81/1 MUARA BULIAN

ELISTIKA, ARSI (2017) pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar sains siswa kelas IV SD N 81/1 MUARA BULIAN. Other thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak Arsi.docx

Download (99kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK ArsiElistika 2017.“Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Sains siswa Di Kelas IV SD N 80/I Muara Bulian”. Pembimbing (I)Drs. AndiSuhandi, S.Pd, M.Pd. I (II)Drs. Marjohan, S.Pd Kata kunci: Pengelolaan Kelas, Hasil Belajar Sains. Berdasarkan hasil observasi peneliti di SD Negeri 80/I Muara Bulian hasil belajar siswa masih rendah, dari hasil observasi yang di peroleh tatanan ruang yang masih belum baik, guru masih terpaku pada gaya belajar yang dimikinya sehingga siswa merasa bosan saat belajar. Tujuan penelitianiniialahuntukmengetahuipengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar sains siswa Di Kelas IV SD N 80/I Muara Bulian. Rancanganpenelitian yang digunakanadalahOne Group Pretest-Postest Design yaitu kelompok yang diberikan perlakuan, tetapi sebelum perlakuan diberikan terlebih dahulu dilakukan tes awal (pretest), dan kemudian diakhir perlakuan dilakukan lagi tes akhir (postest), sampel dalam penelitian ini ialah siswaKelasIV SD N 80/I Muara Bulian. Berdasarkanhasilpenelitian yang diperolehhargaLhitung˂ LtabelPadataraf 0.05 ( lampiran 11). Iniberarti data hasiljawabanangketsiswabaikpadakelaseksperimenmaupunkelaskontrolberdistribusi normal.Dari hasilanalisisujihomogenitasvariansidenganuji F diatasterlihatFhitung =2.94 danFtabel= 3.39. KarenaFhitung˂ Ftabel, makadapatdisimpulkanbahwakeduakelasmemilikivariansi yang homogenpada α = 0,05.Dari UjihipotesisUji t di atasdidapatthitung3.6800danttabel = 1,6759dengandk = 50. Darihasil yang dikemukakanmakadapatdisimpulkanbahwaterdapatpengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar sains siswa Di Kelas IV SD N 80/I Muara Bulian.

Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: ARSI ELISTIKA
Date Deposited: 20 Jul 2017 07:22
Last Modified: 20 Jul 2017 07:22
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1391

Actions (login required)

View Item View Item