meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas V SD Negeri 198/1 Pasar Baru Muara Bulian

UMAR, UMAR (2017) meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas V SD Negeri 198/1 Pasar Baru Muara Bulian. Universitas Jambi. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH umar.pdf

Download (639kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Umar. 2017. “Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas V SD Negeri 198/1 Pasar Baru Muara Bulian”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Arsil, M. Pd dan (II) Drs. Marjohan, S.Pd. Kata Kunci : Keaktifan belajar siswa, Model pembelajaran kooperstif tipe Jigsaw Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 198/1 Pasar Baru Muara Bulian. Selain itu juga guru belum menggunakan model pembelajaran yang dapat membuat siswanya menjadi lebih aktif. Seharusnya keaktifan belajar siswa itu tercipta dalam proses pembelajaran IPA. Keaktifan belajar yang dimaksud ialah keaktifan visual, lisan, mendengarkan, menulis, motorik, mental dan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas V SD Negeri 198/1 Pasar Baru Muara Bulian. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart dengan Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas V SD Negeri 198/1 Pasar Baru Muara Bulian yang berjumlah 19 orang siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dan terdapat dua kali pertemuan pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk keaktifan belajar siswa adalah 80.00 % siswa terlibat aktif. Hasil observasi kegiatan yang dilakukan guru dan siswa pada saat proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsawternyata dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Siklus I rata-rata keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPA mencapai 65.43 % dan pada siklus II meningkat menjadi 83.49%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dari hasil observasi yang dilaksanakan pada siklus I sampai dengan siklus II terjadi peningkatan, hal ini menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 198/1 Pasar Baru Muara Bulian.

Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UMAR
Date Deposited: 20 Jul 2017 06:43
Last Modified: 20 Jul 2017 06:43
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1393

Actions (login required)

View Item View Item