Pengembangan Multimedia Pembelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Harga Pasar untuk Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 4 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017

Saputra, Ero April Dwi Pengembangan Multimedia Pembelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Harga Pasar untuk Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 4 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Harga Pasar untuk Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 4 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017.

[img]
Preview
Text
A1A111035-ARTIKEL.pdf

Download (370kB) | Preview

Abstract

Ero April Dwi Saputra, 2017. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Harga Pasar untuk Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 4 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Ekawarna, M.Psi (II) Rosmiati, S.Pd, M. Pd Kata Kunci: Pengembangan, multimedia pembelajaran dan kelayakan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan multimedia pembelajaran ekonomi dengan menggunakan program Microsoft Office PowerPoint 2010 dan menguji kelayakan multimedia pembelajaran yang telah dikembangkan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada proses pembuatan media ajar multimedia pembelajaran ekonomi pokok bahasan harga pasar yang meliputi uji pakar, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar, uji coba guru bidang studi dan uji kelayakan. Untuk uji pakar sebagai ahli materi yang memvalidasi draft awal multimedia pembelajaran ini adalah Prof. Dr. H. Ekawarna, M.Psi dan ahli media adalah Dr. Drs. Jefri Marzal, M.Sc. Hasil penelitian ini adalah sebuah produk multimedia pembelajaran ekonomi pokok bahasan harga pasar yang layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini ditunjukan dengan nilai tes hasil belajar (perbandingan pre-test dan post-test)sebesar 59,03 yang dikategorikan tidak mencapai nilai kriteria cukup (Kriteria Ketuntasan Minimal), kemudian meningkat setelah proses pembelajaran menggunakan multimedia pembelajaran ekonomi, dengan nilai rata-rata post-test sebesar 73,57, maupun dari validasi ahli dan uji coba. Validasi materi menunjukan skor 80% yang memperoleh kategori sangat layak dan skor validasi ahli media sebesar 81,3% juga berada dikategori sangat layak. Hasil dari uji coba kelompok kecil menunjukan skor 81,8% masuk ke kategori sangat layak, uji coba kelompok besar adalah 81,7% masuk dalam kategori sangat layak dan uji coba guru bidang studi adalah 92% masuk dalam ketegori sangat layak. Multimedia pembelajaran ini disarankan dapat diterapkan pada mata pelajaran ekonomi maupun mata pelajaran lain di SMA untuk materi-materi yang memungkinkan diajarkan dengan media ajar seperti ini. Sarana dan prasarana yang mendukung sangat dibutuhkan seperti perangkat komputer/laptop, infocus dan perangkat pembantu lainnya sehingga siswa dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan baik

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ERO APRIL DWI SAPUTRA
Date Deposited: 19 Jul 2017 02:31
Last Modified: 19 Jul 2017 02:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1394

Actions (login required)

View Item View Item