ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN KEPRIBADIAN GUARDIAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI

Murio, Nazom ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN KEPRIBADIAN GUARDIAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI. Jurnal Pendidikan Matematika. (Unpublished)

[img]
Preview
Archive
RSA1C212010 - ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RSA1C212010 - ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidaksukaan siswa dengan tipe kepribadian guardian pada pembelajaran yang menyertakan gambar. Sehingga memungkinkan siswa tersebut mengalami kesulitan dalam belajar matematika khususnya pada materi geometri. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kesulitan belajar matematika yang dialami siswa dengan tipe kepribadian guardian dalam menyelesaikan soal geometri. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX A SMP N 30 Muaro Jambi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penulis sendiri, lembar tes penggolongan kepribadian, lembar tes kesulitan belajar, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dihadapi siswa dengan kepribadian guardian yang didapat adalah seluruh siswa dengan kepribadian guardian mengalami abnormalitas persepsi visual, dimana siswa dengan kepribadian guardian kesulitan dalam menentukan bentuk geometri. 60 % mengalami kesulitan dalam mengenal dan memahami simbol, serta 40 % mengalami kesulitan dalam bahasa dan membaca.

Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: NAZOM MURIO
Date Deposited: 19 Jul 2017 02:36
Last Modified: 19 Jul 2017 02:36
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1395

Actions (login required)

View Item View Item