PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XG SMAN 8 MUARO JAMBI

ERLIZA, MONA (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XG SMAN 8 MUARO JAMBI. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XG SMAN 8 MUARO JAMBI.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mona Erliza. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XG SMAN 8 Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra.Hj. Astalini, M.Si (II) Drs. Darmaji, M.Si Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Model Kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan nilai fisika siswa. Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan di SMAN 8 Muaro Jambi didapatkan hasil berupa permasalahan dalam mata pelajaran fisika yaitu rendahnya keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan, menjawab dan memberikan pendapat kerika ditanyakan oleh guru, dan kurang fokus selama proses pembelajaran sehingga hasil belajarnya pun masih rendah. Dari hasil wawancara dengan beberapa siswa diperoleh imformasi bahwa penyebab rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya proses pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered) dan anggapan siswa terhadap pelajaran Fisika yang sulit . Untuk mengatasi permasalahan ini dilakukan upaya dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here. Kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here merupakan pembelajaran yang mengkombinasikan belajar individual dan belajar kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran Kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di Kelas XG SMAN 8 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus melalui tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada penelitian ini ada 2 cara pengambilan data yaitu secara kualitatif dan kuantitatif. Pengambilan data kualitatif yaitu dengan pengamatan aktivitas siswa menggunakan lembar observasi. Sedangkan pengambilan data kuntitatif yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan tes (ulangan formatif) disetiap akhir siklus. Dari hasil penelitian, dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan hasil belajar setiap siklus yaitu, 68,15 untuk siklus I menjadi 76,60 untuk siklus II dan 84,16 untuk siklus III. Sedangkan peningkatan persentase rata-rata aktivitas siswa Pada siklus I adalah 73,75%, rata-rata persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 74,73% pada siklus II, dan mengalami peningkatan lagi pada siklus III menjadi 79,17%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here di SMAN 8 Muaro Jambi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MONA ERLIZA
Date Deposited: 19 Jul 2017 01:34
Last Modified: 19 Jul 2017 01:34
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1397

Actions (login required)

View Item View Item