Kemampuan Menulis Cerita Pendek oleh Siswa Kelas IXB SMP Negeri 7 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2015/2016

Rahayu, Putri Kemampuan Menulis Cerita Pendek oleh Siswa Kelas IXB SMP Negeri 7 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2015/2016. Kemampuan Menulis Cerita Pendek oleh Siswa Kelas IXB SMP Negeri 7 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2015/2016.

[img]
Preview
Text
A1B109001-ARTIKEL.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rahayu, Putri. 2017. Kemampuan Menulis Cerita Pendek oleh Siswa Kelas IXB SMP Negeri 7 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Drs. Albertus Sinaga, M.Pd., (2) Drs. Andiopenta Purba, M.Hum. Kata kunci: menulis, unsur-unsur pembangun cerita. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi kemampuan menulis cerita pendek berdasarkan unsur-unsur pembangun cerita, yaitu tema, alur, latar, tokoh, penokohan, dan sudut pandang oleh siswa kelas IXB SMP Negeri 7 Muaro Jambi tahun pelajaran 2015/2016. Manfaat penelitian ini bisa dijadikan informasi dalam bidang pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, khususnya menulis cerita pendek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IXB SMP Negeri 7 Muaro Jambi tahun pelajaran 2015/2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas IXB SMP Negeri 7 Muaro Jambi tahun pelajaran 2015/2016. Data penelitian ini adalah data hasil menulis cerita pendek oleh siswa kelas IXB SMP Negeri 7 Muaro Jambi tahun pelajaran 2015/2016. Sumber data penelitian ini adalah wacana cerita pendek yang ditulis siswa kelas IXB SMP Negeri 7 Muaro Jambi tahun pelajaran 2015/2016. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis menunjukkan dari 20 cerita pendek ditemukan 6 siswa yang kurang mampu dalam mendeskripsikan unsur-unsur dalam cerita pendek, 7 siswa yang cukup mampu, 6 siswa yang mampu mendeskripsikan unsur-unsur dalam cerita pendek, dan 1 siswa yang sangat mampu dalam mendeskripsikan unsur-unsur dalam cerita pendek. Selain itu, hasil analisis juga menunjukkan dari 20 cerita pendek yang ditulis oleh siswa ditemukan 5 cerita pendek yang menonjolkan unsur alur dan penokohan, 1 cerita pendek yang menonjolkan latar dan penokohan, 7 cerita pendek yang menonjolkan unsur penokohan, 2 cerita pendek yang menonjolkan unsur latar, dan 5 cerita pendek yang menonjolkan unsur alur. Hal ini menunjukkan bahwa setiap cerita pendek memiliki ciri khasnya masing-masing dengan menonjolkan salah satu atau beberapa unsur dari unsur-unsur pembangun cerita. Berdasarkan analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis cerita pendek oleh siswa kelas IXB SMP Negeri 7 Muaro Jambi tahun pelajaran 2015/2016 memiliki kategori cukup mampu dengan angka 67,25. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, diharapkan kepada calon pengajar untuk terus meningkatkan pembelajaran mengenai unsur pembangun cerita. Bagi peneliti selanjutnya yang berminat meneliti tentang cerita pendek diharapkan dapat mengembangkan objek penelitian dengan kajian yang lebih luas dan mendalam.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PUTRI RAHAYU
Date Deposited: 19 Jul 2017 07:46
Last Modified: 19 Jul 2017 07:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1451

Actions (login required)

View Item View Item