ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN LARUTAN NON ELEKTROLIT KELAS X MAN 4 MUARO JAMBI

nurasia, nurasia ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN LARUTAN NON ELEKTROLIT KELAS X MAN 4 MUARO JAMBI. ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN LARUTAN NON ELEKTROLIT.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL NURASIA.pdf

Download (355kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurasia. 2017. Analisis Keterlaksanan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Larutan non Elektrolit Kelas X MAN 4 Muaro Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dra. Fatria Dewi, M.Pd Pembimbing (II) Drs. Fuldiaratman, M.Pd. Kata Kunci: Model Inkuiri Terbimbing, Berpikir Kritis Siswa, Larutan Elektrolit dan Larutan non Elektrolit. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya kemampuan berpikir kritis yang dimiliki siswa kelas X selama proses pembelajaran kimia. Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa, maka dari itu perlu diadakan analisis keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing ditinjau dari aktivitas guru dan siswa. Selanjutnya akan dilihat pengaruh keterlaksanaan model terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X di MAN 4 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan model inkuiri terbimbing baik dari guru maupun siswa dan lembar observasi berpikir ktitis siswa. Untuk melihat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan dengan uji signifikasi dengan uji t. Rata-rata persentase keterlaksanaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing oleh guru adalah 73,33% dan oleh siswa 72.53%, dikategorikan baik. Rata-rata persentase kemampuan berpikir kritis siswa adalah 71,33% dikategorikan baik. Hubungan keterlaksanaan model inkuiri terbimbing dengan berpikir kritis di kategorikan sedang diperoleh rxy=0,508, dan terdapat pengaruh keterlaksanaan model inkuiri terbimbing terhadap berpikir kritis siswa pada thitung >ttabel (2,82>1,714) dengan dk = 28 dan α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran berjalan dengan baik dan terdapat pengaruh antara keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan larutan non elektrolit dikelas X MAN 4 Muaro Jambi.

Type: Article
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: NURASIA
Date Deposited: 21 Jul 2017 04:09
Last Modified: 21 Jul 2017 04:09
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1473

Actions (login required)

View Item View Item