Pengembangan Bahan Ajar e-Book Berbasis Metakognisi Menggunakan 3D PageFlip Pada Materi Reaksi Redoks di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Muaro Jambi

Mindayula, Efry Pengembangan Bahan Ajar e-Book Berbasis Metakognisi Menggunakan 3D PageFlip Pada Materi Reaksi Redoks di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Pengembangan Bahan Ajar e-Book Berbasis Metakognisi Menggunakan 3D PageFlip Pada Materi Reaksi Redoks di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Muaro Jambi.

[img]
Preview
Text
RRA1C113025-ARTIKEL.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Metakognisi merupakan salah satu tuntutan yang ada pada kurikulum 2013 yang meliputi empat jenis ketrampilan yang terdiri dari: ketrampilan pemecahan masalah (problem solving), pengambilan keputusan (decision making), berpikir kristis (critical thingking), dan berpikir kreatif (creative thingking). Untuk melatih keterampilan metakognisi tersebut penggunaan bahan ajar seperti buku elektronik (e-Book) yang berbasis metakognisi tentunya dapat melatih dan menuntun siswa untuk berpikir serta menguasai ketrampilan metakognisi tersebut. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar e-Book berbasis metakognisi menggunakan 3D PageFlip pada materi reaksi redoks di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Ada 5 tahapan utama dalam penelitian ini terdiri dari tahap, analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh tim ahli media dan materi selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil yakni sepuluh orang siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah bahan ajar e-Book berbasis metakognisi yang operasikan menggunakan software 3D PageFlip. Produk tersebut divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Validasi masing-masing dilakukan sebanyak dua kali untuk validasi media dan materi. Hasil validasi ahli media diperoleh skor dengan rata-rata 4,8 (sangat baik) dan ahli materi diperoleh skor dengan rata-rata 4,6 (sangat baik). Selanjutnya, untuk tanggapan guru diperoleh skor dengan rata-rata 4,6 (sangat baik) sehingga bahan ajar e-Book yang dikembangkan layak untuk diujicobakan. Hasil respon siswa kelas X MIPA SMAN 1 Muaro Jambi diperoleh persentase 89,8% (sangat baik). Berdasarkan proses pengembangan mulai dari validasi media maupun materi dan hasil penelitian, secara keseluruhan disimpulkan bahwa bahan ajar e-Book ini sangat baik digunakan sebagai bahan ajar ataupun media dalam pembelajaran kimia.

Type: Article
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: EFRY MINDAYULA
Date Deposited: 24 Jul 2017 08:40
Last Modified: 24 Jul 2017 08:40
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1516

Actions (login required)

View Item View Item