UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TIPE GUIDED INQUIRY DI KELAS XI MIA 2 SMAN 11 KOTA JAMBI

Simatupang, Risna Y (2017) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TIPE GUIDED INQUIRY DI KELAS XI MIA 2 SMAN 11 KOTA JAMBI. UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TIPE GUIDED INQUIRY DI KELAS XI MIA 2 SMAN 11 KOTA JAMBI.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH Risna.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TIPE GUIDED INQUIRY DI KELAS XI MIA 2 SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI Risna Y Simatupang¹), Jufrida2), dan Tugiyo Aminoto3) 1)Alumni S1 Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi 2,3)Dosen Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi Email: Jambirisna@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas XI MIA 2 SMAN 11 Kota Jambi dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri tipe guided inquiry pada materi usaha dan energi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari siklus I, siklus II, dan siklus III. Tiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kegiatan guru, dan tes hasil belajar dengan soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kuantitatif dan analisis data kualitatif. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran inkuiri tipe guided inquiry. Keunggulan dari model pembelajaran inkuiri tipe Guided inquiry ini adalah siswa lebih terarah dalam membentuk dan mengembangkan “self-concept” pada diri siswa, sehingga siswa dapat mengerti tentang konsep dasar dan ide-ide dengan baik, memberi kepuasan yang bersifat intrinsik, materi yang disajikan lebih lama membekas karena siswa dilbatkan dalam proses menemukannya, kesimpulan lebih cepat dan mudah diambil. Adapun kekurangannya yaitu untuk materi tertentu waktu yang tersita lebih lama, guru dituntut mengubah kebiasaan mengajar yang umum sebagai pemberi informasi menjadi fasilitator, motivator, dan pembimbing siswa dalam belajar, tidak semua topik cocok disampaikan dengan model inkuiri tipe guided inquiry. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa pada tiap siklus. Pada siklus I, pembelajaran siswa belum berjalan dengan baik sehingga hasil belajar siswa masih rendah yaitu 65,78 dengan jumlah siswa yang berhasil sebanyak 16 orang dan rata-rata aktivitas yang diperoleh seluruh siswa adalah 47,3. Hal ini disebabkan karena guru belum . Pada siklus II rata- rata persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 60,5 dan nilai rata-rata hasil belajar 77,2 dengan jumlah siswa yang berhasil sebanyak 19 orang. Pada siklus III rata-rata persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 73,6 dan nilai rata-rata hasil belajar 80,0 dengan jumlah siswa yang berhasil sebanyak 27 orang. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri tipe guided inqiury dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa di kelas XI MIA 2 Negeri 11 Kota Jambi. Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran inkuiri tipe guided inquiry.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RISNA Y SIMATUPANG
Date Deposited: 24 Jul 2017 06:52
Last Modified: 24 Jul 2017 06:52
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1529

Actions (login required)

View Item View Item