MENINGKATKAN KUALITAS STUDENT-CENTERED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS V A SDN 55/I SRIDADI

NISA, NOVIA KHAIRUN MENINGKATKAN KUALITAS STUDENT-CENTERED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS V A SDN 55/I SRIDADI. MENINGKATKAN KUALITAS STUDENT-CENTERED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS V A SDN 55/I SRIDADI.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH NOVIA KHAIRUN NISA.pdf

Download (560kB) | Preview

Abstract

MENINGKATKAN KUALITAS STUDENT-CENTERED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS V A SDN 55/I SRIDADI Oleh NOVIA KHAIRUN NISA Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi ABSTRAK Kata kunci : student-centered learning, model pembelajaran interaktif, student teams-achievement division modification Penelitian ini dilatarbelakangi pada kualitas pembelajaran siswa yang kurang maksimal. Hal itu ditandai dengan adanya siswa yang kurang bekerjasama saat pembelajaran berlangsung. Saat diskusi dalam tim, tugas kelompok hanya dikerjakan oleh 1 atau 2 orang. Pembelajaran tidak dikaitkan pada pengalaman siswa, sehingga pembelajaran menjadi kurang bermakna. Kemudian, saat kelompok menampilkan hasil diskusinya di depan kelas, tidak ada tanggapan dari kelompok lain sehingga pembelajaran hanya terjadi satu arah dan tidak interaktif. Pemilihan model dan media dalam penyampaian materi pembelajaran masih tergolong rendah. Model pembelajaran cenderung berpusat pada guru dan peran guru sangat menonjol sebagai sumber belajar. Semua itu akhirnya bermuara pada rendahnya kualitas SCL. Penelitian ini bertujuan untuk meningktakan kualitas SCL dengan model pembelajaran interaktif berbasis STAD Modification pada siswa kelas V A SDN 55/I Sridadi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil yaitu berupa data observasi melalui lembar observasi kualitas SCL dan observasi guru yang dilakukan pada tiap proses pembelajaran menggunakan model STAD Modification. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan model pembelajaran Interaktif berbasis STAD Modification dapat meningkatkan kualitas SCL siswa kelas V A SDN 55/I Sridadi. Berdasarkan lembar observasi siswa, kualitas SCL menunjukkan adanya peningkatan, terbukti dari siklus I pertemuan I terdapat 6 orang dan pada pertemuan II terdapat 12 orang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada siklus I ini terdapat 33%. Kemudian, pada siklus II meningkat pada pertemuan I terdapat 20 siswa dan pada pertemuan II terdapat 21 siswa yang memiliki kualitas SCLyang baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada siklus II ini terdapat 75,91% siswa yang memiliki kualitas SCL yang baik. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa kualitas SCL dapat ditingkatkan menggunakan model pembelajaran interaktif berbasis STAD Modification pada tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan di kelas V A SDN 55/I Sridadi. Saran dalam penelitian ini diharapkan

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NOVIA KHAIRUN NISA
Date Deposited: 28 Jul 2017 02:27
Last Modified: 28 Jul 2017 02:27
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1575

Actions (login required)

View Item View Item