HUBUNGAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN PRESTASI BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 KOTA JAMBI

NISAH, KHAIRUN (2017) HUBUNGAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN PRESTASI BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 KOTA JAMBI. BK, 1 (1). pp. 1-15. ISSN --

[img]
Preview
Text
ERA1D012055-Artikel.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Layanan penguasaan konten merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Layanan penguasaan konten dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar dan meningkatkan kemampuan tanya jawab siswa dalam proses kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah ada hubungan yang kuat antara layanan penguasaan konten dengan prestasi belajar di SMK Negeri 1 Kota Jambi?”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan layanan penguasaan konten dalam meningkatkan hasil belajar dan meningkatkan kemampuan tanya jawab siswa dalam proses kegiatan pembelajaran, dan untuk mendeskripsikan hubungan antara layanan penguasaan konten dengan prestasi belajar di SMK Negeri 1 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah peneltiian korelasional. Populasi penelitian sebanyak 5 kelas X berjumlah 200 orang siswa, sampel ditentukan dengan dengan cara pengundian maka didapatkan Kelas XA dengan jumlah 40 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui teknik non tes dalam bentuk angket. Teknik analisa data yang digunakan yaitu korelasi person product moment. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa rata-rata secara keseluruhan menurut variabel penguasaan konten dengan indikator meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan kemampuan tanya jawab siswa di dalam kelas berada pada kualitas “tinggi” ini terbukti dari hasil rata-rata jawaban responden sebesar 67,42 %, artinya layanan penguasaan konten terhadap prestasi belajar siswa sudah sesuai dengan keinginan guru SMK Negeri 1 Kota Jambi pada umumnya. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara layanan penguasaan konten (X) dengan prestasi belajar (Y) pada siswa kelas XA SMK Negeri 1 Kota Jambi berdasarkan analisis korelasi product moment rhitung sebesar 0,64. Nilai ini lebih besar dari r tabel dengan N=40 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,32. Hal ini berarti layananan penguasaan konten memberikan dampak positif terhadap prestasi belajar. Dari hasil penelitian, peneliti menyarankan agar siswa dan guru perlu meningkatkan perannya sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar dengan memberikan bantuan melalui layanan bimbingan konseling khususnya layanan penguasaan konten kepada siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: KHAIRUNNISAH
Date Deposited: 27 Jul 2017 07:15
Last Modified: 27 Jul 2017 07:15
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1588

Actions (login required)

View Item View Item