STUDI KASUS PEMBELAJARAN APRESIASI PROSA DI KELAS V SD NEGERI 15/IV JELUTUNG KOTA JAMBI

-, NAZURTY (2017) STUDI KASUS PEMBELAJARAN APRESIASI PROSA DI KELAS V SD NEGERI 15/IV JELUTUNG KOTA JAMBI. JURNAL PENDIDIKAN TEMATIK DIKDAS, 2 (1). pp. 38-45. ISSN 2527-6905

[img]
Preview
Text
1224.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang rencana pembelajaran apresiasi prosa, pelaksanaan pembelajaran apresiasi prosa, hambatan-hambatan proses pembelajaran apresiasi prosa, dan upaya guru untuk mengatasi masalah pembelajaran apresiasi prosa di kelas V SD Negeri 15/IV Jelutung Kota Jambi. Objek penelitian adalah SD Negeri 15/IV Jelutung Kota Jambi, Guru kelas V SD, siswa kelas V SD, dan Kepala SD Negeri 15/IV Jelutung Kota Jambi. Metode penelitian ini adalah studi kasus. Data penelitian ini ada pembelajaran apresiasi prosa. Sumber data meliputi informasi, arsip/dokumen, tempat, tempat, dan peristiwa. Hasil temuan dalam penelitian adalah kurikulum yang digunakan di SD Negeri 15/IV Jelutung adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Apresiasi Prosa di kelas V SD/IV Jelutung, dirancang oleh guru dari jabaran kurikulum ke silabus dan dari silabus dijabarkan menjadi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pelaksanaan pembelajaran Apresiasi Prosa yang meliputi pemilihan materi dan metode, penggunaan media pembelajaran, dan pelaksanaan evaluasi di SD Negeri 15/IV Jelutung sudah mengarah kepada pembelajaran yang apresiatif. Sebab, dalam penilaian pembelajaran Apresiasi Prosa, guru telah memberi kesempatan pada siswa untuk mengeksperikan apa yang telah yang di pelajarinya. Hambatan-hambatan dalam pembelajaran prosa di SD Negeri 15/IV Jelutung adalah kurangnya waktu yang tersedia, karena dalam pembelajaran Apresiasi Prosa membutuhkan waktu untuk mengenal, memahami, menghayati, menikmati, dan menghargai, dan akhirnya siswa dapat membuat prosa sendiri. Usaha-usaha yang di lakukan oleh furu (LP) untuk mengatasi hambatan-hambatan pembelajaran prosa tersebut dengan memberikan motivasi kepada siswa. mengarahkan agar membaca buku-buku yang ada hubungannya dengan apresiasi prosa, yaitu buku cerita rakyat dan majalah di luar buku paket dan pendamping.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: NAZURTY
Date Deposited: 28 Jul 2017 03:34
Last Modified: 28 Jul 2017 03:34
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1598

Actions (login required)

View Item View Item