PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PERMAINAN ANAK PADA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKAKELAS III SEKOLAH DASAR

GUNAWAN, GUNAWAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PERMAINAN ANAK PADA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKAKELAS III SEKOLAH DASAR. PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PERMAINAN ANAK PADA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKAKELAS III SEKOLAH DASAR.

[img]
Preview
Text
A1D113064-ARTIKEL.pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Gunawan. 2017, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Permainan Anak Pada Muatan Pelajaran Matematika Kelas III Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (1) Dra. Hj. Destrinelli, M.Pd, (II) Suci Hayati, S.Pd, M.Pd Kata kunci: Bahan Ajar, Permaianan Anak, Operasi Hitung Bilangan Sampai Tiga Angka Penggunaan bahan ajar saat ini dalam pembelajaran bukanlah sesuatu yang asing. Pemanfaatan bahan ajar sangat beragam, di bidang pendidikan salah satunya bahan ajar berbentuk buku. Bahan ajar yang dimaksud adalah bahan ajar untuk pembelajaran dalam bentuk buku. Pengembangan bahan ajar berupa buku ini dipilih dengan alasan dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri yang praktis, efektif serta efisien, untuk lebih memfokuskan pengembangan bahan ajar ini pada suatu materi, bahan ajar ini disesuaikan berdasarkan analisis kebutuhan, dan mempertimbangkan kemampuan pengembang, serta menyesuikan pada pemilihan permainan anak. Salah satu permainan anak yang dapat digunakan untuk pembelajaran guna mengembangkan bahan ajar dalam bentuk buku pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar menggunakan permainan anak pada materi operasi hitung bilangan sampai tiga angka untuk peserta didik kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Ada 5 tahapan utama dalam penelitian ini terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation, and evaluation. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan produk buku bagi peserta didik dan buku bagi guru untuk peroses belajar dan mengajar yang didalamnya menggunakan permainan anak. Produk tersebut divalidasi oleh ahli materi, penyajian, dan ahli kebahasaan serta dilakukan revisi produk berdasarkan saran-saran validator hingga dinyatakan layak diuji cobakan. Hasil wawancara peserta didik di Sekolah Dasar Negeri 198/I Pasar Baru, Muara Bulian pada uji coba kelompok kecil yang dilakukan kepada 6 orang peserta didik kelas III, yaitu peserta didik sangat senang mengikuti pembelajaran menggunakan permainan anak, dan hasil wawancara guru kelas III yaitu guru sangat menyukai peroses pembelajaran yang dilakukan saat uji coba melihat anak sangat antusias saat mengikuti pembelajaran menggunakan permainan. Berdasarkan proses pengembangan mulai dari validasi materi, penyajian, serta validasi kebahasaan hingga hasil uji coba kelompok kecil, secara keseluruhan disimpulkan bahwa produk bahan ajar berbasis permainan anak berupa buku ini sangat baik digunakan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: GUNAWAN
Date Deposited: 31 Jul 2017 06:34
Last Modified: 31 Jul 2017 06:34
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1616

Actions (login required)

View Item View Item