HUBUNGAN LINGKU8NGAN KERJA DAN KEPUASAN KERJA DENGAN KINERJA GURU DI SMK NEGERI 1 MUARA BUNGO

ASARI, ASARI HUBUNGAN LINGKU8NGAN KERJA DAN KEPUASAN KERJA DENGAN KINERJA GURU DI SMK NEGERI 1 MUARA BUNGO. Pendidikan EKONOMI. ISSN 1993

[img]
Preview
Text
RRA1A110058_ARTIKEL.pdf

Download (681kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Asari. 2017. Hubungan antara Lingkungan Kerja dan Kepuasan Kerja dengan Kinerja Guru di Sekolah SMK Negeri 1 Muara Bungo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi. Dosen Pembimbing I Dra. Hj. May Maemunah, M.E, Pembimbing II Drs. Irzal Anderson, M.Si Kata Kunci: Lingkungan Kerja dan Kepuasan Kerja di Sekolah, dan Kinerja Guru Kinerja guru merupakan suatu hal yang penting dalam pendidikan dan dapat dipandang sebagai salah satu pendukung keberhasilan guru dalam menciptakan siswa-siswa yang berkualitas sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya. Kinerja guru juga sering dijadikan pedoman atau bahan pertimbangan dalam mencapai tujuaan yang telah ditetapkan. Kinerja guru di SMK Negeri 1 Muara Bungo belum sesuai dengan harapan, salah satu penyebabnya yaitu kurangnya kepuasan guru dalam bekerja misalnya kurangnya perhatian dan ketertarikan guru dalam mengajar menyebabkan proses pembelajaran tidak optimal. Selain itu, lingkungan kerja guru disekolah juga sangat penting, lingkungan kerja yang baik mampu mendorong kinerja guru menajadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara lingkungan kerja dan kepuasan kerja di sekolah dengan kinerja guru di SMK Negeri 1 Muara Bungo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional, sampel yang akan dijadikan responden dalam penelitian ini berjumlah 34 orang. Data dikumpulkan melalui angket dan dianalisis menggunakan teknik deskriptif dan teknik analisis korelasi dengan bantuan aplikasi statistik SPSS release 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan lingkungan kerja dengan kinerja guru adalah 0,319 dengan tingkat signifikansi t sebesar 0,014 < 0,05. Hubungan kepuasan kerja guru di sekolah dengan kinerja guru adalah = 0,322 dengan tingkat signifikansi t sebesar 0,013 < 0,05 dan terdapat hubungan positif dan signifikan antara lingkungan kerja dan kepuasan kerja secara bersama-sama kinerja guru ditunjukkan dengan uji F dengan nilai (5,080 > 3,17) dan nilai koefisien regresi ganda (R) sebesar 0,392. Berdasarkan hasil penelitian di atas, disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara lingkungan kerja dan kepuasan kerja dengan kinerja guru di Sekolah SMK Negeri 1 Muara Bungo. Diharapkan guru agar dapat menyadari bahwa guru merupakan suatu kebutuhan bagi siswa sehingga dapat meningkatkan kinerja guru. Saran untuk guru hendaknya dapat memperhatikan lingkungan kerja guru dalam belajar dan menumbuhkan kepuasan kerja sehingga dapat meningkatkan kinerja guru dan pada akhirnya tujuan belajar mengajar yang ditetapkan dapat tercapai secara optimal.

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: ASARI
Date Deposited: 01 Aug 2017 01:58
Last Modified: 01 Aug 2017 01:58
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1629

Actions (login required)

View Item View Item