Identifikasi Konsep Diri Siswa yang Memiliki Hasil Belajar Tinggi di Kelas X dan XI SMA N 3 Kota Jambi

ARMAINI, UCI Identifikasi Konsep Diri Siswa yang Memiliki Hasil Belajar Tinggi di Kelas X dan XI SMA N 3 Kota Jambi. Universitas Jambi. ISSN 1234 (In Press)

[img]
Preview
Text
A1E113010-ARTIKEL.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Judul : Identifikasi Konsep Diri Siswa yang Memiliki Hasil Belajar Tinggi di Kelas X dan XI SMA N 3 Kota Jambi Nama : UCI ARMAINI NIM : A1E113010 Pembimbing 1 : Dr. H. Hendra Sofyan, M.Si. Pembimbing 2 : Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd Setiap siswa memiliki perbedaan karakteristik konsep diri. Begitu pula dengan siswa yang memperoleh hasil belajar tinggi tentunya memiliki tingkat dan karakteristik konsep diri yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep diri siswa dilihat dari dimensi internal dan dimensi eksternal, untuk mengetahui konsep diri siswa hasil belajar tinggi dengan melihat nilai rapor semester terakhir, dan melihat kualitas konsep diri perempuan dan laki-laki. Konsep diri merupakan gambaran seseorang mengenal dirinya sendiri, yang merupakan gabungan dari keyakinan terhadap fisik, psikologis, sosial, emosional, aspirasi dan prestasi yang mereka capai. Semua konsep diri itu meliputi citra diri secara fisik dan citra diri secara psikologis. Konsep diri yang ditelitiyaitu dilihat berdasarkan dimensi internal dan dimensi eksternal. Dimensi internal yaitu yang terdiri dari diri identitas, diri pelaku dan diri penerima/penilai. Sedangkan pada dimensi eksternal yang terdiri dari fisik, etika moral, sosial, dan diri pribadi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan keadaan subjek saat itu, atau menggambarkan lapangan sebagaimana adanya. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 71 orang dengan teknik pengambilan sample secara simple random sampling yakni diambil secara acak sesuai ukuran representatif dengan cara setiap orang berpeluang sama untuk jadi sampel. Instrumen pengumpulan data yang dipakai yaitu berupa angket dengan memakai skala dikhotomis. Berdasarkan hasil pengolahan data didapatkan bahwa siswayang memiliki hasil belajar tinggi kelas X dan X SMA N 3 Kota Jambi didapathasil rata-rata bobot persentasi konsep diri secara keseluruhan sebesar 65.16% dengan kualitas “baik”yang terbagi dalam dimensi internal memiliki bobot persentasi 67.84% dan dimensi eksternal memiliki bobot persentasi 62.03%. Untuk kelas X bobot rata-rata 59.36 dan kelas XI bobot rata-rata 59.06 dengan aspek lalitas “sedang” penelitian ini membuktikan siswa yang memiliki hasil belajar tinggi memiliki konsep diri yang baik.Dari hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti tersebut sekiranya dapat dijadikan gambaran dalam penyajian layanan informasi yang akan diberikan dari data yang disajikan sebagai data penguat untuk membantu siswa yang mengahadapi masalah dan sebagai acuan untuk melihat bentuk konsep diri pada siswa.

Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology
Depositing User: UCI ARMAINI
Date Deposited: 01 Aug 2017 01:58
Last Modified: 01 Aug 2017 01:58
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1634

Actions (login required)

View Item View Item