HUBUNGAN KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN KONSEP DIRI SISWA KELAS XI SMA ADHYAKSA I JAMBI TAHUN AJARAN 2016/2017

Arju, Farah HUBUNGAN KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN KONSEP DIRI SISWA KELAS XI SMA ADHYAKSA I JAMBI TAHUN AJARAN 2016/2017. Jurnal Penelitian Universitas Jambi. ISSN 0852-8349

[img]
Preview
Text
A1E113018-Artikel.pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

Abstrak. Penelitian ini berlatar belakang berdasarkan fenomena yang terlihat di lapangan yaitu SMA Adhyaksa I Jambi, yaitu menurut gambaran dari hasil sosiometri (sosiogram) yang dilakukan di dalam satu kelas yang terdiri dari 35 siswa menunjukkan 54,2% siswa terisolir dan adanya perkelompokan di dalam kelas tersebut. Dari data tersebut terlihat bahwasanya siswa kelas tersebut membatasi pergaulan dengan membentuk suatu kelompok-kelompok kecil di dalam lingkungan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan gambaran hubungan kecerdasan interpersonal dengan konsep diri siswa kelas XI SMA Adhyaksa I Jambi Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah korelasional, dengan populasi 131 yaitu seluruh jumlah siswa kelas XI SMA Adhyaksa I Jambi. Dari jumlah populasi tersebut kemudian dihitung jumlah sampel representatifnya sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 69 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket 65 item persyaratan. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas. Data yang diperoleh diolah menggunakan statistik parametrik rumus korelasi product moment dengan bantuan SPSS versi 20. Hasil dari analisis data menemukan hasil yang menyatakan bahwa terdapat hubungan kecerdasan interpersonal dengan konsep diri siswa kelas XI SMA Adhiyaksa I Jambi dengan nilai r hitung 0,489 jadi dapat dinyatakan bahwa tingkat korelasi sedang dengan dibuktikan kebenarannya. Implikasi yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini terdapat bimbingan dan konseling di sekolah, guru dapat berupaya membantu siswa agar bisa menumbuhkan kecerdasan interpersonal melalui pemberian berbagai layanan dengan materi yang sesuai sehingga siswa dapat memiliki konsep diri yang baik karena konsep diri mempunyai peranan penting dalam menentukan tingkah laku seseorang.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FARAH ARJU
Date Deposited: 01 Aug 2017 01:58
Last Modified: 01 Aug 2017 01:58
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1635

Actions (login required)

View Item View Item