PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL PADA MATERI GERAK LURUS UNTUK KELAS X SMA

Rahim, Annisa PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL PADA MATERI GERAK LURUS UNTUK KELAS X SMA. EduFisika.

[img]
Preview
Text
ANNISA RAHIM ARTIKEL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan modul elektronik berbasis Discovery Learning pada materi gerak lurus untuk kelas X SMA yang valid dan layak serta untuk mengetahui persepsi siswa terhadap modul yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini melibatkan tahap analyze (analisis), design (desain), develop (pengembangan), implement (implementasi), dan evaluate (evaluasi). Subjek ujicoba pada penelitian ini adalah kelas X MIA 1 dan kelas X MIA 4 SMA Negeri 10 Kota Jambi. Instrumen yang digunakan adalah angket analisis kebutuhan siswa, dokumen observasi, angket validasi ahli serta angket persepsi siswa. Teknik analisis data yang berupa skor angket validasi dan angket persepsi siswa dilakukan secara statistik deskriptif (mean, median, modus, standar deviasi maksumum dan minimum). Sedangkan analisis data hasil telaah dokumen pada saat observasi awal dan saran validator dilakukan secara deskriptif kualitatif (reduksi data, penyajian data dan verifikasi). Modul elektronik yang dikembangkan memiliki format .exe dan 3DP yang dapat dijalankan pada komputer. Modul elektronik ini berisi materi dengan tahapan model discovery leraning, animasi, video, contoh soal, rangkuman, tes formatif dan kuis interaktif di akhir pembelajaran. Keunggulan dari modul elektronik ini yaitu memiliki tampilan yang sederhana dan konsisten, materi yang disajikan di dalam modul elektronik mengacu kepada silabus, video yang disajikan di dalam modul elektronik ini sederhana dan mudah dimengerti. Adapun kekurangan modul elektronik ini yaitu belum terdapat lembar jawaban untuk tes formatif dan tidak memiliki kuis interaktif disetiap kegiatan belajar. Modul elektronik ini telah divalidasi oleh validator dan dinyatakan valid dengan skor ahli media 68 dan skor ahli materi 42 dengan kategori baik. Hasil analisis persepsi siswa pada penelitian yang telah dilakukan, didapat hasil persepsi siswa terhadap aspek desain sampul modul 13,89 (amat baik), desain isi modul 21,69 (amat baik), desain software modul 12,91 (baik), penyajian modul 3,23 (baik), dan komponen kebahasaan 13,37 (amat baik). Dari keempat aspek tersebut dapat disimpulkan bahwa Modul Elektronik Berbasis Discovery Learning pada Gerak Lurus untuk kelas X SMA layak digunakan dengan kategori baik. Sehingga dapat digunakan sebagai salah satu media belajar di sekolah maupun media belajar mandiri di rumah. Kata Kunci: Modul Elektronik, Discovery Learning, 3D Pageflip Professional, Gerak Lurus

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Annisa Rahim
Date Deposited: 01 Aug 2017 08:52
Last Modified: 01 Aug 2017 08:52
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1671

Actions (login required)

View Item View Item