HUBUNGAN PERSEPSI SISWA ATAS KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU FISIKA SEBAGAI SALAH SATU KOMPETENSI PAEDAGOGIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI SE-KOTA SUNGAI PENUH

Fadilla, Intan HUBUNGAN PERSEPSI SISWA ATAS KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU FISIKA SEBAGAI SALAH SATU KOMPETENSI PAEDAGOGIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI SE-KOTA SUNGAI PENUH. EduFisika.

[img]
Preview
Text
RSA1C312019-ARTIKEL.pdf

Download (218kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang memiliki persepsi negatif terhadap guru dan mata pelajaran fisika serta rendahnya motivasi dalam belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa atas kemampuan komunikasi guru fisika terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri se-Kota Sungai Penuh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif jenis korelasional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah persepsi siswa terhadap kemampuan komunikasi guru fisika sedangkan motivasi belajar siswa sebagai variabel terikat. Populasi yang diambil adalah Siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri se-Kota Sungai Penuh. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampling sistematis yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan urutan dari anggota populasi yang telah diberi nomor urut dan sampel diambil dari kelipatan 5 dari total populasi. Dari total populasi 768 siswa didapatkan sampel sebesar 154 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data uji prasyarat yang dilakukan diantaranya uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas dengan bantuan software SPSS 22. Hasil uji hipotesis menggunakan uji korelasi product moment dengan bantuan software SPSS 22 pada taraf nyata 95% α = 0.05 n = 154 diperoleh nilai korelasi pearson 0.525 artinya ada korelasi dengan kekuatan hubungan antara kedua varibel masuk dalam kategori kuat antara persepsi siswa atas kemampuan komunikasi guru fisika dan motivasi belajar siswa dengan nilai sig.(2-tailed) = 0.000 < 0.05 maka H0 ditolak hal ini dapat diartikan bahwa Ha diterima yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa atas kemampuan komunikasi guru fisika terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri se-Kota Sungai Penuh dan masuk dalam kriteria kuat.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: INTAN FADILLA
Date Deposited: 02 Aug 2017 06:21
Last Modified: 02 Aug 2017 06:21
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1704

Actions (login required)

View Item View Item