Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Reaksi Redoks Di Kelas X IPA MAN 4 Muaro Jambi

Raudhah, Raudhah Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Reaksi Redoks Di Kelas X IPA MAN 4 Muaro Jambi. Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Reaksi Redoks Di Kelas X IPA MAN 4 Muaro Jambi.

[img]
Preview
Text
A1C112012-ARTIKEL.pdf

Download (526kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi reaksi redoks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPA MAN 4 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ditinjau dari guru maupun siswa dan lembar observasi kemampuan berpikir ktitis siswa. Korelasi keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan korelasi Product Moment. Hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut adalah rata-rata persentase keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD oleh guru adalah 73,96% dan oleh siswa 72,04% dengan kategori baik. Rata-rata persentase kemampuan berpikir kritis siswa adalah 70,88% dengan kategori baik. Korelasi keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan kemampuan berpikir kritis siswa dikategorikan sedang, dengan nilai rxy = 0,503. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran reaksi redoks di kelas X IPA MAN 4 Muaro Jambi telah terlaksana dengan baik oleh guru dengan melibatkan siswa sehingga dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Berpikir Kritis, Reaksi Redoks

Type: Article
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: RAUDHAH
Date Deposited: 02 Aug 2017 07:23
Last Modified: 02 Aug 2017 07:23
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1715

Actions (login required)

View Item View Item