Pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X dan XI di SMA Negeri 8 Kota Jambi

Yatul Ulya, Ina Pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X dan XI di SMA Negeri 8 Kota Jambi. Universitas Jambi. ISSN 1234

[img]
Preview
Text
A1E113027-ARTIKEL.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Judul : Pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X dan XI di SMA Negeri 8 Kota Jambi Nama : Ina Yatul Ulya NIM : A1E113027 Pembimbing 1 : Dr. H. Hendra Sofyan, M.Si. Pembimbing 2 : Drs. Asradi, M.M Kata Kunci : Minat Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peranan minat dalam pembelajaran di sekolah, sebab minat dapat menjadi sebagai kekuatan yang akan mendorong siswa untuk terus belajar. Namun, fenomena yang terlihat dilapangan adalah kurangnya minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dikelas, hal ini diperlihatkan dalam perilaku yang kurang terpuji seperti tidur dikelas saat pelajaran di kelas berlangsung. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengungkapkan pengaruh dari minat belajar terhadap hasil belajar siswa di kelas X dan XI SMA Negeri 8 Kota Jambi. Minat belajar dalam penelitian ini terdiri dari aspek-aspek sebagai berikut: a) Perasaan Senang, b) Perhatian, dan c) Perasaan tertarik dan d) Keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. (Sabri, 2007:86). Sedangkan data hasil belajar siswa dalam penelitian ini diperoleh melalui legger nilai siswa kelas X dan kelas XI semester ganjil tahun ajaran 2016-2017. peneltian ini, maka penelitian ini tergolong dalam penelitin analisi regresi sederhana. Menurut Hartono (2008:93) analisis regresi adalah digunakan untuk memprediksi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Sampel yang digunakan yaitu berjumlah 143 siswa. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket yang berisi 40 item pernyataan dan legger nilai semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan rumus analisis regresi sederhana dengan bantuan program SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan nilai determinasi berada pada angka 0,003 dengan kategori sangat lemah. Dengan artian penelitian menunjukkan terdapat pengaruh antara minat belajar (X) dengan hasil belajar siswa (Y) kelas X dan XI di SMA Negeri 8 Kota Jambi sebesar 0,003 atau 0,3% hasil belajar (Y) dipengaruhi oleh motivasi belajar (X) sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas oleh peneliti. Temuan penelitian ini Jambi memberikan implikasi terhadap sekolah, terutama guru pembimbing di sekolah untuk selalu siap dalam menghadapi siswa yang mengalami masalah atau menyikapi siswa yang mengalami penurunan minat dalam belajar sehingga berpengaruh terhadap hasil belajarnya

Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ina Yatul Ulya
Date Deposited: 03 Aug 2017 01:15
Last Modified: 03 Aug 2017 01:15
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1724

Actions (login required)

View Item View Item