PERSEPSI SISWA TERHADAP KARAKTERISTIK KONSELOR DI SMP NEGERI 9 KOTA JAMBI

OCTALIZA, RISQI (2017) PERSEPSI SISWA TERHADAP KARAKTERISTIK KONSELOR DI SMP NEGERI 9 KOTA JAMBI. Other thesis, Universitas Jambi.

[img]
Preview
Text
ERA1D011076-Artikel.pdf

Download (171kB) | Preview
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Pada saat ini keberadaan pelayanan konseling dalam setting pendidikan, khususnya persekolahan telah memiliki legalitas yang kuat dan menjadi bagian terpadu dari sistem pendidikan nasional. Sosok utuh kompetensi konselor mencakup kompetensi akademik dan profesional sebagai satu keutuhan. Unjuk kerja konselor sangat dipengaruhi oleh kualitas penguasaan empat kompetensi tersebut yang dilandasi oleh sikap, nilai, dan kecenderungan pribadi yang mendukung. Penelitian dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan kualitas persepsi siswa terhadap karakteristik kongruensi, akseptansi, dan empati konselor. Persepsi merupakan tanggapan langsung dari sesuatu; proses seseorang mengetahui beberapa hal melalui pancaindranya. Penelitian ini dibatasi pada persepsi siswa di SMP Negeri 9 Kota Jambi terhadap tiga karakteristik konselor yang dikemukan oleh Carl Rogers (1971) yaitu: congruence (kongruensi), acceptance (akseptansi), dan empathy (empati). Sampel representatif yang diperlukan adalah 72 orang. Penelitian ini menggunakan model dikhotomis dengan dua jawaban (Ya-Tidak) sebagai model option jawaban yang sering kali digunakan dalam berbagai penelitian. Teknik yang digunakan adalah sistimatik, yaitu dengan populasi ditetapkan melalui aturan tertentu. Sistem pengambilan sampel ini cocok dengan populasi yang sudah diketahui atau terdata secara baik Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap karakteristik konselor di SMP N 9 Kota Jambi berada pada kualitas baik. Guru pembimbing/konselor hendaknya kedepan bisa melaksanakan proses pemberian bantuan secara terjadwal kepada siswa/klien. Guru pembimbing/konselor diharapkan untuk lebih memperhatikan penampilannya. Guru pembimbing/konselor diharapkan untuk lebih memahami siswa/klien.

Type: Thesis (Other)
Informasi Tambahan: Penelitian ini dibatasi pada persepsi siswa di SMP Negeri 9 Kota Jambi terhadap tiga karakteristik konselor yang dikemukan oleh Carl Rogers (1971) yaitu: congruence (kongruensi), acceptance (akseptansi), dan empathy (empati).
Uncontrolled Keywords: ERA1D0011076
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: RISQI OCTALIZA
Date Deposited: 03 Aug 2017 03:39
Last Modified: 03 Aug 2017 03:39
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1727

Actions (login required)

View Item View Item