Deskripsi Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jambi pada Kegiatan Praktikum Fisika Dasar I (KPS:Mendefinisikan Variabel Secara Operasional, Mengukur, Memperoleh dan Memproses Data, dan Membuat Tabel Data)

Normayanti, Normayanti Deskripsi Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jambi pada Kegiatan Praktikum Fisika Dasar I (KPS:Mendefinisikan Variabel Secara Operasional, Mengukur, Memperoleh dan Memproses Data, dan Membuat Tabel Data). Edu Fisika. (Submitted)

[img]
Preview
Text
A1C313014_ARTIKEL.pdf

Download (689kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan proses sains (KPS) mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jambi tingkat pertama pada tahun ajaran 2016/2017 serta faktor-faktor yang mempengaruhi KPS mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian mixed methods dengan strategi embedded. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Fisika angkatan 2016 dengan jumlah sampel 61 mahasiswa. Pemilihan sampel tersebut dengan cara purposive sampling. Instrumen pengambilan data penelitian ini berupa pedoman wawancara, lembar observasi dan lembar telaah dokumentasi. Selanjutnya, diperoleh data kualitatif dan kuantitatif, data kualitatif dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman dan data kuantitatif dianalisis menggunakan statistika deskripstif. Kemudian uji keabsahan data dalam penelitian ini adalah uji kredibilitas data, kredibilitas data diperiksa melalui kelengkapan data yang diperoleh dari berbagai teknik. Adapun cara meningkatkan kredibilitas data terhadap data hasil penelitian ini adalah triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada KPS mendefinisikan variabel secara opersional mahasiswa memiliki keterampilan yang sangat tidak terampil dengan rata-rata skor mahasiswa dari hasil observasi sebesar 1,74, hasil dokumentasi sebesar 3,02 dan hasil wawancara dinyatakan sangat tidak terampil. Pada KPS mengukur mahasiswa tergolong tidak terampil dengan memperoleh skor rata-rata KPS dari hasil observasi sebesar 1,94, hasil dokumentasi 3,23 dan hasil wawancara dinyatakan tidak terampil. Untuk KPS memperoleh dan memproses data mahasiswa tergolong sangat tidak terampil diperoleh skor rata-rata mahasiswa pada hasil observasi sebesar 1,34 dan hasil dokumentasi 2,5 serta hasil wawancara juga dinyatakan tidak sangat terampil. Sedangkan KPS membuat tabel data mahasiswa tergolong sangat tidak terampil. Pada KPS membuat tabel data mahasiswa memperoleh skor rata-rata hasil observasi sebesar 1,54 dan hasil dokumentasi 2,96, serta hasil wawancara dinyatakan bahwa mahasiswa tidak terampil.Faktor-faktor yang mempengaruhi KPS yaitu, (1) pengalaman awal mahasiswa sebelum praktikum Fisika Dasar I, (2) pengetahuan mahasiswa tentang konsep dalam materi praktikum, (3) ketersediaan alat-alat praktikum dan (4) pedoman praktikum yang tidak melatih KPS. Kata kunci: keterampilan proses sains, praktikum fisika dasar I

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: NORMAYANTI
Date Deposited: 03 Aug 2017 02:44
Last Modified: 03 Aug 2017 02:44
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1730

Actions (login required)

View Item View Item