PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH WANKAT-OREOVOCZ TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DIKELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA JAMBI

S, WINARTY PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH WANKAT-OREOVOCZ TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DIKELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA JAMBI. PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH WANKAT-OREOVOCZ TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DIKELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA JAMBI.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (849kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menyelesaikan masalah yang dipengaruhi oleh strategi pemecahan masalah Wankat-Oreovocz di kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah mix method(metode campuran). Sampel Penelitian ini adalah siswa Kelas VIII C dan VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol dimana untuk penilaian pemecahan masalah matematika tulisan masing-masing kelas sampel diberi post test. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Analisis data untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa memecahkan masalah pada kelas eksperimen 1 sebesar 81.29, eksperimen 2 sebesar 80.06 dan kelas kontrol sebesar 74.84. Kemudian dilakukan analisis menggunakan uji anava satu arah sehingga diperoleh F hitung = 4.60054 dan Ftabel = 3,092, dimana Fhitung berada diluar daerah penerimaan H0 maka H0 ditolak dan H1 diterima pada taraf kepercayaan 95%. Karena kriteria pengujiannya adalah tolak H0 jika harga Fhitung ≥F(1- 1/2(0.05))(2,95). Maka data tersebut menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan menyelesaikan masalah matematika siswa di kelas VIII SMP. Pengujian hipotesis H0 ditolak maka dilakukan pengujian lanjut menggunakan uji t. Uji lanjut bertujuan untuk mengetahui pasangan kelas mana yang berbeda. Hasil pengujian tersebut diperoleh pada kelas eksperimen I dan kelas kontrol perhitungan didapatkan thitung > ttabel yaitu 3.096633 > 1.670567. Pada kelas eksperimen II dan kelas kontrol diperoleh thitung > ttabel yaitu 2.188 > 1.6697. Pada kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II diperoleh thitung < ttabel yaitu 0.527392<1.6705. Dengan kriteria pengujian yaitu terima H0 jika thitung < t1-α. Sehingga rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran strategi pemecahan masalah Wankat-Oreovocz lebih tinggi daripada pembelajaran seperti biasanya. Hal ini didukung oleh hasil wawancara siswa dimana subjek AB1(ekperimen 1) dan AB2 (eksperimen 2) telah menerapkan strategi pemecahan masalah Wankat-Oreovocz dengan baik. ya. Dengan demikian, data tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menyelesaikan masalah matematika siswa kelas VIII SMP yang dipengaruhi oleh penerapan strategi pemecahan masalah Wankat-Oreovocz. Kata Kunci : Strategi Pemecahan Masalah Wankat-Oreovocz, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Type: Article
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Depositing User: WINARTY.S
Date Deposited: 29 Aug 2017 02:25
Last Modified: 29 Aug 2017 02:25
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1743

Actions (login required)

View Item View Item