KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT DALAM BERDEBAT SISWA KELAS X SMA DHARMA BHAKTI 3 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2016/2017

Pulungan, Juli Rayati KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT DALAM BERDEBAT SISWA KELAS X SMA DHARMA BHAKTI 3 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2016/2017. KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT DALAM BERDEBAT SISWA KELAS X SMA DHARMA BHAKTI 3 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2016/2017.

[img]
Preview
Text
A1B113030-ARTIKEL.pdf

Download (507kB) | Preview

Abstract

Kemampuan mengemukakan pendapat dalam berdebat merupakan hal yang sangat penting bagi siswa untuk pembinaan keterampilan berbicara dalam Bahasa Indonesia. Dengan mengetahui faktor kebahasaan dan faktor non kebahasaan ketika mengemukakan pendapat dalam berdebat, siswa dituntut dapat menerapkan faktor tersebut ketika berbicara sehari-hari. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan mengemukakan pendapat dalam berdebat siswa kelas X SMA Dharma Bhakti 3 Kota Jambi tahun ajaran 2016/2017. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan jenis penelitian deskiptif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Dharma Bhakti 3 Kota Jambi yang berjumlahkan 20 orang. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa secara umum kemampuan siswa kelas X SMA Dharma Bhakti 3 Kota Jambi mengemukakan pendapat dalam berdebat adalah mampu, secara khusus dapat dirincikan sebagai berikut: kemampuan mengemukakan pendapat dari aspek faktor kebahasaan adalah 73.13 dengan kategori mampu, dan kemampuan mengemukakan pendapat dari aspek faktor non kebahasaan adalah 72,93 dengan kategori mampu. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa secara umum kemampuan siswa kelas X SMA Dharma Bhakti 3 Kota Jambi mengemukakan pendapat dalam berdebat mampu (73,03). Berdasarkan hasil penelitian, maka disarankan kepada guru Bahasa Indonesia agar pengajaran Bahasa Indonesia di sekolah SMA Dharma Bhakti 3 Kota Jambi dalam mengajarkan pokok bahasan berbicara khususnya mengemukakan pendapat hendaknya memberikan penjelasan dengan baik kepada siswa sehingga siswa mampu menerapkan aspek faktor kebahasaan dan aspek faktor non kebahasaan dalam mengemukakan pendapatsehari-hari dan benar-benar paham dengan materi yang didapat.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Juli Rayati Pulungan
Date Deposited: 03 Aug 2017 07:56
Last Modified: 03 Aug 2017 07:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1744

Actions (login required)

View Item View Item