Pengembangan Handout Pembelajaran Biologi Tentang Restorasi Ekosistem Mangrove Berbasis Socioscientific Issues di SMA

Parsudi, Yuspriyanti Pengembangan Handout Pembelajaran Biologi Tentang Restorasi Ekosistem Mangrove Berbasis Socioscientific Issues di SMA. Pengembangan Handout Pembelajaran Biologi Tentang Restorasi Ekosistem Mangrove Berbasis Socioscientific Issues di SMA.

[img]
Preview
Text
RSA1C412019-ARTIKEL.pdf

Download (417kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Handout, Restorasi Ekosistem Mangrove, Socioscientific Issues. Handout adalah bahan ajar tertulis tambahan yang dapat memperkaya pengetahuan siswa untuk mencapai kompetensinya. Handout dapat berisi materi tambahan yaitu restorasi ekosistem mangrove untuk mengembalikan ekosistem mangrove yang rusak akibat hubungan sains dan masyarakat (Socioscientific Issues, SSI). Salah satu SSI yang diangkat adalah kerusakan eksistem mangrove kecamatan Sadu, Tanjung Jabung Timur. Hasil observasi dan analisis kebutuhan di SMAN 6 Tanjung Jabung Timur diketahui bahwa peserta didik perlu mempelajari restorasi ekosistem mangrove berbasis SSI yang dikemas dalam bentuk handout. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Subjek ujicoba pada penelitian ini adalah guru dan peserta didik di SMAN 6 Tanjung Jabung Timur. Ujicoba guru terdiri dari 2 orang guru bidang studi biologi dan ujicoba kelompok kecil terdiri atas 12 orang peserta didik. Instrumen pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran angket. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif yang dianalisis menggunakan skala likert. Hasil validasi oleh ahli materi dan ahli handout diperoleh kategori sangat baik (83.3% dan 87%). Hasil persepsi guru dan peserta didik diperoleh kategori sangat baik (90% dan 87,7%). Persepsi peserta didik terhadap handout berbasis SSI diperoleh kategori sangat baik dengan indikator tampilan handout diperoleh persentase 86,9%, indikator kriteria handout berbasis SSI diperoleh persentase 86,7%, indikator penulisan diperoleh persentase 94,8%, dan indikator fungsi dan manfaat handout berbasis SSI diperoleh persentase 86,4%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari tim ahli, persepsi guru dan peserta didik, maka handout berbasis SSI dianggap layak dari segi kualitas materi dan handout. Dengan demikian, handout pembelajaran biologi tentang restorasi ekosistem mangrove berbasis SSI yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran di SMA. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan dan acuan dalam mengembangkan produk bahan ajar yang relevan, dapat dijadikan alternatif bahan ajar dalam mempelajari materi pelestarian lingkungan, dan dapat dikembangkan menjadi handout praktik agar peserta didik lebih memahami materi restorasi ekosistem mangrove dengan terjun langsung ke lapangan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: YUSPRIYANTI P
Date Deposited: 04 Aug 2017 07:17
Last Modified: 04 Aug 2017 07:17
URI: http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1771

Actions (login required)

View Item View Item